Kebutuhan akan handphone saat ini seakan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama masyarakat di Indonesia. Hampir semua orang menggunakan handphone untuk mempermudah kegiatannya sehari-hari. Saat ini kegunaan handphone tidak terbatas untuk berkomunikasi saja, melainkan untuk bersosialisasi, mendapatkan jasa pelayanan online, berfoto, berjualan, dan masih banyak lagi. Tren handphone android sampai saat ini masih sangat dicari masyarakat.

Banyak handphone android yang dijual di pasaran baik toko konvensional maupun toko online, mulai dari produk lokal maupun luar. Ada beberapa merk handphone lokal yang masih bertahan hingga saat ini, diantaranya merk handphone Evercoss, Advan, Mito, Zyrex, dan masih banyak lagi.

Produk lokal memang terbilang kurang berjaya dan masih sedikit peminatnya dibandingkan dengan produk luar negeri, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:

  1. Kurangnya mutu produk dalam negeri dibandingkan dengan produk impor.
  2. Kurangnya kesadaran kebanggaan untuk menggunakan produk dalam negeri.
  3. Kurangnya perhatian pemerintah pada produk dalam negeri.

Untuk meningkatkan daya saing dengan produk impor beberapa merk lokal pun mencoba melangkah lebih jauh untuk menjadi merk global dengan melakukan promosi yang maksimal. Seperti misalnya merk handphone Advan yang menggandeng klub Barcelona, atau merk handphone Evercoss yang mengusung tag go international. Sehingga tak heran beberapa merk tersebut terbilang cukup laris untuk kalangan handphone android produksi lokal.

Tips Membeli Handphone Android Lokal

Meskipun begitu banyak konsumen yang tetap setia menggunakan produk impor dikarenakan daya tahan atau keawetan produk serta kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Namun jika Anda tertarik untuk membeli handphone android lokal, tentu Anda akan sangat kebingungan untuk memilih yang sesuai namun tetap layak untuk di pakai. Berikut ini beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat akan membeli handphone android lokal, diantaranya yaitu:

Membandingkan spesifikasi dan harganya

Setiap produk handphone pasti memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan , mulai dari processor, sistem operasi, layar, aplikasi support, kamera yang disematkan, game, RAM, memori, dll.

Melihat support SIM

Perkembangan teknologi semakin maju. Bagi yang suka berselancar di dunia maya, handphone android yang mempunyai support SIM untuk jaringan 4G akan lebih diminati. Kecepatan dan kemudahan berselancar akan lebih mudah didapatkan di jaringan 4G. Jika Anda membeli handphone android usahakan yang sudah mendukung teknologi 4G LTE. Namun melihat sinyal di tiap daerah berbeda-beda maka handphone android dengan dukungan untuk semua jaringan 2G, 3G, dan 4G lebih disarankan.

Service center

Untuk mengantisipasi kendala pada handphone android di kemudian hari, maka Anda harus memperhatikan untuk urusan service apakah akan ada penggantian unit baru atau tidak jika ditemukan kerusakan pada handphone dalam kurun waktu misalnya dua minggu dari waktu pembelian. Pastikan juga Anda tidak mudah tergiur dengan berbagai promo seperti gratis soft case, lapisan pelindung layar, sampai ke power bank agar Anda terpancing. Tetaplah fokus untuk kualitas handphone dan jaminan kemudahan spare part hingga untuk urusan service center.

Harga jual kembali

Sangat tidak masuk akal jika Anda meminta harga jual yang tinggi jika Anda sewaktu-waktu menjual handphone android lokal yang Anda miliki. Kebanyakan handphone lokal hanya bisa dibanderol dengan harga murah untuk harga jual kembalinya. Untuk itu Anda perlu memperhatikan hal yang satu ini.

Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan

Karena kebutuhan setiap individu berbeda-beda maka sebelum membeli Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Pilihan handphone Evercoss bisa Anda pertimbangkan, karena memiliki varian produk yang bervariasi dan masih terjangkau untuk harganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website