Kamar adalah ruangan yang paling pribadi yang ada di rumah. Memiliki kamar yang luas adalah dambaan sebagian orang. Kamar yang luas memang memberi lebih banyak keleluasaan dalam menata kamar agar terasa nyaman dan sedap dipandang. Tapi tidak semua orang beruntung memiliki rumah besar dengan ruangan yang serba luas. Di era sekarang, rumah lebih banyak berdesain minimalis dan sederhana karena terbatasnya lahan. Untuk mendapatkan kamar yang luas dimulai dengan menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak berguna dan menata sedikit bentuk kamarnya. Jika ukuran kamar tidur sudah sempit maka harus diatur dengan baik. Menata kamar tidur bukanlah merubah struktur dari kamar tetapi lebih kepada menatanya  untuk menciptakan efek yang lebih luas. Untuk menyiasati bentuk ruangan yang sempit, ada beberapa trik yang bisa dilakukan.

Kamar minimalis semakin banyak diminati karena desainnya yang sangat sederhana. Kesederhanaan ini memberikan kemudahan kepada penghuninya dalam menjalani kegiatan sehari – hari. Desainnya yang membuat kamar terlihat lebih luas yang tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi asi penghuni kamar.

kamar minimalis

Berbagisolusi.com akan berbagi trik  agar kamar yang minimalis terkesan lebih luas dan nyaman berada di dalamnya.

Tips Menata Kamar Minimalis

Pemilihan Warna
Ubahlah warna dinding Anda agar ruangan terlihat lebih besar. Warna cerah dan terang bisa membuat ruang kamar tampak lebih luas. Untuk mengoptimalkannya, cat dinding warna biru atau hijau muda. Warna terang dan cerah membuat ruangan terasa lapang dan terbuka, terutama jika tersinari oleh cahaya alami matahari.Pasanglah lukisan pemandangan alam, untuk membuat kamar tampak semakin segar.

Pengaturan Cahaya
Untuk menjadikan ruangan kamar lebih besar, usahakanlah agar kamar Anda dimasuki cahaya dari luar. Jangan lupa mengaplikasikan tirai tipis agar cahaya yang masuk memberi kesan dramatis. Jangan selalu menutup jendela atau menempatkan tempat tidur atau perabotan di depan jendela, agar cahaya bisa masuk secara maksimal.

Letakkan Cermin dalam Kamar
Pengaplikasian cermin yang terbaik adalah  di titik fokus ruangan. Cermin memberikan ilusi ruangan lebih dalam dan jauh. Menempatkan cermin di dinding atau di samping meja kaca akan membuat ruangan tampak lebih terbuka.

Cermat Memilih Furniture. Memilih aneka furniture yang tak memakan banyak lahan. Cara paling pintar untuk mensiasati hal ini adalah dengan memilih furniture yang memiliki fungsi lain selain fungsi utamanya. Misalnya,  memilih ranjang dengan desain yang unik yaitu memiliki ruang tambahan di bawahnya menyerupai laci, sehingga  dapat memanfaatkannya untuk hal lain. Misalnya untuk menyimpan kelebihan pakaian atau  dapat memilih rak tv yang memiliki ruang tambahan sehingga anda dapat memanfaatkannya sebagai lemari pakaian.

Sebuah kamar  akan terasa nyaman jika anda mendekorasinya dengan tepat.  Karena kamar adalah tempat yang paling nyaman untuk ditempati oleh penghuninya. Nah itulah beberapa tips dalam menata kamar minimalis. Semoga artikelnya bermanfaat yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website