Untuk menambah selera makan dan keakraban, ruang makan harus didesain menjadi ruangan yang nyaman, cozy dan menyenangkan. Pada umumnya rumah makan didesain terlalu formal, berwarna putih atau warna-warna pastel. Didukung oleh perabot bergaya klasik yang terkesan berat dan terasa kaku. Desain tersebut memang cantik. Namun sudah terlalu umum dan terkesan kurang modern. Padahal ruang makan merupakan salah satu ruang yang sangat perlu diperhatikan dekorasinya selain ruang tamu. Ruang makan lebih personal karena di sinilah tempat keluarga berkumpul, bercengkerama, berbincang sembari menikmati makanan. Selain tentu  saja untuk menjamu tamu maupun kerabat.

Sebagaimana ruang tamu, perlu kejutan-kejutan kecil untuk ruang makan. Tak harus dengan mengubah secara frontal, perubahan ringan yang unik dan menarik bisa memberi nuansa lain yang mampu menambah selera makan dan keakraban. Berbagisolusi.com kali ini akan berbagi informasi tentang bagaimana menata rumah makan. Simak yah !

Tips Menata Ruang Makan

tips menata ruang makan

Pencahayaan

Cahaya merupakan salah satu faktor penting penentu kenyamanan. Begitu juga di ruang tamu. Bedanya, pencahayaan harus fokus pada meja makan. Makanan yang terhidang dan interaksi yang terjadi di ruang tersebut harus didukung pencahayaan yang pas. Untuk ruang makan, terang saja tidak cukup. Yang utama pencahayaan memberikan kenyamanan. Cahaya yang dipancarkan cukup lembut namun tidak terlalu redup. Lampu gantung yang ditempatkan di atas meja adalah pilihan tepat karena menghadirkan fokus. Posisikan pada ketinggian yang tepat, tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu rendah untuk menghindari silau dan menghalangi pandangan ke sekitar.  Penggunaan lampu tambahan seperti wall sconce atau standing lamp bisa menghadirkan efek lega dan terbuka. Untuk melengkapi dekorasi, beri aksen cahaya pada benda-benda pajangan di dinding atau rak di seitar area makan.

Warna

Tidak ada keharusan ruang makan berwarna pastel atau warna netral. Sedikit bereksperimen dengan warna akan memberikan nuansa lain. Warna-warna cerah menambah energi pada ruangan. Warna merah dan oranye mampu menaikkan selera makan. Sedang hijau membuat suasana ruang makan lebih segar. Padukan dengan warna netral seperti cokelat muda, krem, hitam atau putih. Jika ingin perubahan yang lebih nampak bisa menganti furniture ruang makan. Mulai dari meja dan kursi hingga peralatan penunjang aktivitas makan lainnya. Apalagi bila memilih furniture yang berbeda dari kebanyakan dipakai ruang makan.

Perabot

Tak sekedar model, perlu dipertimbangkan sisi fungsi ketika memilih seperangkat meja makan. Sesuaikan bentuk dan ukuran meja dengan tema desain dan ukuran ruang makan. Untuk mengantisipasi kebutuhan pesta atau kerabat datang,sebaiknya miliki dua meja persegi. Kedua meja bisa disatukan bila sedang menyelenggarakan pesta atau kedatangan tamu. Setelah menentukan meja, pilih kursi makan dan sesuaikan ketinggiannya dengan meja. Ketika duduk, sebaiknya tinggi meja di atas perut dan di bawah dada. Pilih kursi dengan sandaran tegak. Dudukan jangan terlalu lunak yang membuat badan menjadi tenggelam saat diduduki.

Pelengkap Dekorasi

Bila ingin ruang makan lebih personal, tambahkan partisi yang memisahkannya dengan ruang lain. Atau bila luas lahan mencukupi bisa membuat ruang khusus yang dipisahkan secara tegas dengan ruang lain. Jangan biarkan dinding ruang makan kosong. Manfaatkan untuk kabinet pantry atau rak penyimpanan. Atau bisa juga memajang lukisan dan pernak-pernik lainnya.

Itulah beberapa tips bagaimana menata ruang makan agar kelihatan lebih tampil beda. Semoga bermanfaat dan selamat melanjutkan aktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website