Kemewahan sebuah rumah tidak hanya diwakili dari ukuran, perabotan maupun lokasi saja. Kemewahan bisa juga dilihat dari kenyamanan dan keindahannya. Ketika membuat rumah tidak hanya berpusat pada interior dan bentuk eksterior saja. Rumah juga berhubungan dengan lingkungan sekitarnya. Dan sangat bijak bila mampu memanfaatkan sumber daya yang ada di luar untuk memperkaya rumah dan menyehatkan. Rumah bergaya tropis berkembang untuk mengatasi berbagai karaktek iklim.

Indonesia yang kaya sinar matahari, energi alam bisa dimanfaatkan sebagai penerangan alami. Begitu juga semilir angin yang selalu berhembus, bisa meminimalkan penggunaan pendingin udara. Ujungnya berupa penghematan listrik. Dengan kondisi ini maka sangat potensial untuk membuat rumah yang bergaya villa di tengah perkotaan. Memang membuat rumah ala vila sangat dipengaruhi situasi sekitar. Dekat dengan kawasan pantai atau pegunungan yang asri. Lalu bagaimana jika lokasi rumah berada di tengah kota, lengkap dengan kepadatan dan hingar bingar penduduknya. Berbagisolusi.com akan berbagi tipsnya bagaimana menata rumah ala vila di perkotaan. Simak yah!

Tips Menata Rumah ala Villa

tips menata rumah ala villa

  • Masih bisa membuat hunian bernuansa villa di perkotaan. Kuncinya dengan mengambil karakter bangunan yang menjadi ciri khas villa. Ruang-ruang dibuat terbuka, tanpa sekat, seolah menyatu dengan alam sekitarnya
  • Secara bentuk, ruang dibagi menjadi tiga yaitu: ruang privat, semi privat dan area servis. Ruang privat meliputi tempat tidur, semi privat meliputi ruang keluarga dan ruang makan. Sedang servis area berupa dapur atau pantry. Dengan pemisahan ini, secara estetis akan terjaga, secara fungsi akan tercapai.
  • Kamar tidur bisa dibuat terhubung dengan taman dan kolam renang yang menyegarkan. Kolam renang bisa menghantarkan hawa dingin hingga mencegah udara siang yang panas masuk ke kamar.
  • Bukaan besar dibuat untuk memasukkan cahaya matahari dan udara ke kamar. Sirkulasi udara menjadi lebih baik dan kamar lebih sehat.
  • Ruang makan dan ruang keluarga bisa diposisikan menghadap ke kolam renang. Dihubungkan dengan pintu berbukaan lebar yang membuat udara bisa mengalir secara leluasa.
  • Sirkulasi udara yang lebih baik ini membantu mengurangi penggunaan pendingin udara. Cahaya yang berlimpah juga mengurangi penggunaan cahaya listrik.
  • Bila tidak memungkinkan memiliki kolam renang karena lahan terbatas, bisa disiasati dengan membuat taman lengkap dengan kolam ikan atau air terjun buatan. Suara gemericik air membantu kita mengurai stress setelah seharian bekerja.

Nah itulah beberapa tips cara menata rumah ala villa. Serasa berlibur setiap hari jika memiliki rumah yang ditata seperti villa. Tunggu apalagi…yuk wujudkan rumah ala villa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website