SHARE

Selain menyiapkan hidangan, kesibukan masyarakat  menjelang Lebaran adalah mengubah tatanan rumah. Tujuannya, agar tampil beda saat kedatangan tamu untuk bersilahturahmi. Tampil cantik saat Lebaran tak hanya berlaku bagi penghuninya. Rumah juga harus terlihat berbeda, ada nuansa baru dan tentu lebih cantik. Mempercantik rumah tak hanya bisa dengan melakukan pengecatan ulang atau mengganti furniture. Umumnya perubahan dekoratif yang dilakukan adalah mengganti gorden, taplak, sarung bantal atau menambah aksesori.

Lebaran identik dengan banyak tamu. Bagi rumah yang berukuran besar tentu bukan masalah. Tinggal mengatur ulang perabot agar memiliki kapasitas yang lebih besar. Lantas bagaimana untuk rumah yang berukuran minimalis? Sejatinya rumah minimalis lebih mudah mengaturnya. Karena sejak awal minim sekat. Tinggal mengatur furniture yang tidak digunakan dan memberi warna lebih cerah agar terlihat lebih lapang.

rumah minimalis

TIPS MENATA RUMAH MINIMALIS

  • Jika mempunya rumah yang bersekat, yang umum dilakukan dengan mengurangi jumlah furniture agar lebih luas dan bermain warna. Secara psikologis warna mampu memunculkan kesan lapang atau sempit. Warna putih menjadi salah satu pilihan agar ruangan terkesan lapang.
  • Menambah jumlah kursi adalah salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan tambahan kapasitas bila ruang tamu masih memiliki sisi yang kosong. Tak  harus dengan kursi yang sama, selama keserasian diperhatikan, kursi berbeda bisa tetap digunakan. Justru memunculkan kesan dinamis. Atau bisa juga dengan mengganti sofa yang memuat banyak orang agar tamu merasa nyaman.
  • Cara lain yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan areal teras, baik depan maupun belakang. Tinggal mengatur agar antara teras dan ruang tamu tidak terkesan terpisah. Salah satunya dengan kesinambungan warnadan furniture serta membuka pintu penghubung lebar-lebar.
  • Bila memiliki areal taman yang memadai, bisa dimanfaatkan untuk menampung tamu. Siapkan satu set meja, kursi. Pilih yang tahan terhadap panas dan hujan. Dengan begitu akan memberikan kesan yang bernuansa berbeda.
  • Untuk mendapatkan nuansa rumah yang berbeda, Anda bisa mengganti warna sesuai tema. Ada benang merah antara dinding, furniture hingga aksesori. Jika ingin warna lembut, bisa memilih warna hijau terang. Atau menginginkan yang lebih kuat, bisa memilih kuning atau oranye. Penggantian warna juga dilakukan pada gorden dan aksesoris ruangan lainnya. Sesuaikan dengan tema yang telah dipilih. Termasuk vitrase yang kini tersedia dalam berbagai warna dan desain.
  • Vas bunga , pigora, lilin, bantal dan peralatan makan juga bisa menjadi elemen dekoratif. Tak harus sewarna, kuncinya adalah harmonisasi. Agar makin segar, bisa menambahkan rangkaian bunga di meja hidangan atau di beberapa sudut yang dipandang perlu. Tidak harus menggunakan rangkaian berukuran besar, Anda bisa menggunakan vas-vas kecil untuk menyebarkan bunga di sudut-sudut tertentu. Saat membeli, pilih bunga campuran, baik dari jenis maupun warna. Saat menatanya di vas, mulailah dengan dua warna, misalnya merah dan kuning. Tambahkan dedaunan yang ditata dengan ketinggian bervariasi agar kelihatan lebih menarik. Bila pilihan bunga terbatas dan kurang menarik, jangan putus asa. Letakkan pada vas yang berbentuk unik. Kemudian letakkan vas pada tempat yang mudah terlihat. Dengan begitu akan  membuat rungan lebih segar dan menyenangkan.

Kini Anda sudah siap menyambut tamu di hari yang fitri. Selamat berkreasi dengan rumah Anda. :)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.