Di kota besar, terbatasnya lahan memaksa setiap orang lebih kreatif agar tempat tinggalnya terasa lapang dan nyaman. Rumah tak sekadar sebagai persinggahan. Meski pada kenyataannya saat ini bagi warga urban, fungsi rumah tak jauh dari itu. Rumah dihuni saat sore hingga esok paginya saja karena padatnya aktivitas penghuninya. Tak mengherankan, rumah berperan sebagai tempat beristirahat. Sehingga desainnya pun dibuat agar nyaman untuk beristirahat sepulang beraktivitas di luar rumah. Lalu bagaimana caranya agar mendapatkan kenyamanan pada rumah minimalis? Berbagisolusi.com akan berbagi tips menata rumah minimalis yang elegan dan modern. Simak yah!

Cara Menata Rumah Minimalis yang Elegan dan Modern

rumah minimalis

Satu Ruang untuk Banyak Fungsi

Banyak cara untuk mendapatkan kenyamanan pada rumah minimalis. Salah satunya dengan menggabungkan dua fungsi dalam satu ruang. Seperti menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga. Kebanyakan masyarakat perkotaan jarang menerima tamu di rumah. Karena kendala waktu dan kemacetan memilih bertemu di luar. Banyaknya tamu berpengaruh pada pilihan dan penempatan furnitur. Jika tamu yang datang selalu dalam jumlah besar, diperlukan sofa berkapasitas besar pula. Demikian juga sebaliknya. Jika tamu sedikit tak perlu memilih sofa besar. Cukup dua sofa dudukan dan dua single chair. Cara ini lebih praktis dan bila dibutuhkan ruang lebih lapang sofa bisa dipindahkan. Tak hanya faktor kenyamanan, desain simpel tak banyak detail dan mudahnya perawatan harus diperhatikan. Pasalnya, terbatasnya waktu membuat penghuni tak memiliki waktu banyak untuk merawat rumah.

Gunakan Furniture Multifungsi

Pilih dan tempatkan furniture-furniture multifungsi. Cara ini membantu mengatasi lahan yang terbatas agar tetap fungsional dan rapi. Pilih sofa yang berfungsi pula sebagai tempat penyimpanan. Demikian juga meja, pilih yang memiliki laci. Sehingga kita bisa menyimpan bantal, taplak meja atau majalah di dalamnya. Termasuk mainan anak.

Hindari Penggunaan Buffet

Hindari penggunaan buffet sebagai tempat televisi. Pilihlah rak ambalan yang ringkas yang juga bisa berfungsi sebagai tempat pajangan maupun penyimpanan benda-benda koleksi. Dengan demikian tak ada barang-barang berserakan, membuat kita maupun tamu merasa nyaman.

Ciptakan Kesan Luas pada Tiap Ruangan

Memilih menggunakan lampu gantung daripada lampu duduk juga memberikan kontribusi pada kelegaan ruangan. Penggunaan perabot tembus pandang, menghindari pembatas ruangan dan memberikan ilusi berupa kaca memunculkan kesan luas.

Pilih Warna yang Senada

Buat warna senada antara dinding dan lantai yang akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Warna-warna netral seperti putih dan krem memantulkan cahaya sehingga kesan luas makin terlihat. Kesinambungan warna juga berlaku untuk furniture. Pilih furniture-furniture utama selaras dengan warna dinding atau lantai sehingga akan terlihat menyatu. Kesan inilah yang membuat ruangan makin terlihat luas.

Agar terlihat lebih hidup, pilih salah satu furniture atau ornamen dengan warna lain agar lebih hidup. Kunci terciptanya kelegaan dalam rumah terletak pada tujuan mendekorasi rumah.

Nah demikian tips menata rumah minimalis agar terkesan luas dan menampilkan rumah yang elegan dan modern. Semoga bermanfaat yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website