SHARE

Radang sendi dalam bahasa kedokteran disebut arthritis rematoid. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Penyakit radang sendi tidak begitu sulit untuk dideteksi sebab bisa dirasakan dari gejala yang muncul. Pada tahap awal, gejalanya adalah munculnya nyeri pada ujung jari tangan disertai dengan adanya pembengkakan dan rasa kaku. Pun gejala seperti itu juga bisa muncul di ujung jari kaki. Bila tak segera mendapat penanganan bisa menyebar ke seluruh persendian tubuh. Jika hal ini terjadi, seluruh badan terasa sakit, utamanya di persendian tubuh.

Rasa sakit persendian yang berlebihan membuat penderita tidak bisa tidur. Bila itu terjadi dalam waktu lama, penderita tentunya akan tersiksa. Efeknya berat badan akan menurun karena hilangnya nafsu makan. Daya tahan tubuh juga akan menurun. Dampaknya selain penyakitnya lebih parah, juga rentan terserang penyakit lain.

Hingga sekarang belum diketahui secara pasti apa penyebab sehingga munculnya penyakit radang sendi. Seseorang bila dalam hidupnya memiliki riwayat radang sendi, maka penyakit itu akan mudah muncul saat kondisi imun tubuh menurun. Olehnya itu daya tahan tubuh perlu dijaga setiap saat. Jika sudah menderita penyakit radang sendi, segera atasi dan lakukan pencegahan agar keadaannya tidak bertambah parah. Bagaimana cara mencegahnya? Jangan khawatir berbagisolusi.com akan berbagi infonya. Simak yah !

Tips Mencegah Kambuhnya Penyakit Radang Sendi

Jika terlanjur sudah mengalami penyakit radang sendi dan ketika kambuh, untuk meringan gejala rasa sakit yang muncul sehingga penderita dapat melakukan kegiatan sehari-hari, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

penyakit radang sendi

  • Berobatlah ke dokter ahli reumatik terdekat. Hal itu sangat penting untuk menentukan pengobatan yang tepat. Minum obat teratur sesuai dosis. Bila obat sudah habis, segera berobat kembali untuk mendapatkan obat baru. Jangan minum obat rematik tanpa resep dokter, sebab bisa menimbulkan efek samping.
  • Jika terjadi nyeri di pergelangan kaki, jangan paksakan diri untuk berjalan sendiri. Jangan segan meminta bantuan orang lain. Sebab jika dipaksakan berjalan sendiri, tentunya akan kesakitan dan kemungkinan bisa terjatuh.
  • Saat tubuh sehat, lakukan olahraga secara rutin. Dengan olahraga daya tahan fisik akan kuat sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Hindari olagraga saat penyakit radang sendi sedang kambuh, sebab gerakan mendadak dan keras membuat radang sendi bertambah parah.
  • Gunakan alat bantu bila perlu. Untuk usia lanjut disarankan menggunakan tongkat pada sendi yang sakit. Selain itu gunakan sepatu yang cocok untuk kaki.
  • Istirahat yang cukup. Dengan beristirahat yang cukup tubuh akan bugar sehingga mempercepat kesembuhan. Dalam 24 jam, tidur yang ideal adalah 8 jam.
  • Konsumsi makanan sehat. Meski belum diketahui keterkaitan makanan dengan kejadian radang sendi, tetapi para ahli menduga makanan memiliki andil terhadap penyakit ini. Komsumsilah makanan rendah lemak dan kalori. Perbanyak makan buah dan sayur.
  • Selain mengkonsumsi obat dari dokter, juga disarankan agar penderita melakukan fisioterapi dalam jangka waktu tertentu. Dengan fisioterapi, persendian yang kaku akan dilatih bergerak sehingga lama-lama akan lemas dan bisa bergerak normal seperti biasa.
  • Disiplin menjalani serangkaian pengobatan karena ketika penderita tidak minum obat dan daya tahan tubuhnya menurun, maka penyakitnya bisa kambuh.
  • Hindari sembarangan minum obat rematik. Obat rematik dosisnya sangat tinggi dan sangat keras. Jika sembarang mengkomsumsinya bisa menimbulkan efek samping. Jangan pula melakukan sembarangan melakukan terapi alternatif, misalnya minum jamu atau ramuan tertentu. Bisa-bisa justru akan membuat penyakitnya bertambah parah. Segera ke dokter dan bila obat sudah habis segera kontrol kembali.

Nah itulah beberapa tips untuk mencegah kambuhnya penyakit radang sendi. Semoga bermanfaat yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here