Buah hati adalah segalanya. Orang tua akan melakukan apa saja demi membuat buah hatinya bahagia. Pun dengan orang tua, pasti akan sangat bahagia jika memiliki anak yang sehat, lincah dan berprestasi. Tetapi di balik kelebihannya, si anak mempunyai kekurangan. Yakni mempunyai sifat pemalu dan tidak mudah bergaul dengan temannya. Bila belum benar-benar kenal, ia tidak mau bergabung. Inginnya bersama ibunya saja. Nah tentunya ini adalah masalah bagi anak, yang meresahkan orang tuanya.

Jangan khawatir, berikut berbagisolusi.com akan membagikan beberapa tips untuk mengatasi problema tersebut. Simak yah!

Sifat pemalu dan tidak mudah bergaul dengan orang yang belum dikenal merupakan karakteristik dari anak. Hal itu terjadi sebab perkembangan daya nalar anak masih terbatas, belum sempurna seperti orang dewasa. Keterbatasan daya nalar itu mendorong munculnya berbagai sifat, termasuk pemalu dan tidak mudah bergaul dengan orang yang belum dikenal.

anak pemalu

Sifat pemalu itu muncul sebab anak dibayangi perasaan gagal, tidak akan bisa sebagus orang dewasa dalam menjalankan kegiatan tersebut. Sedangkan anak yang tidak mudah bergaul karena merasa kurang aman ketika berhadapan dengan orang yang belum dikenalnya.

Tips Mendidik Anak agar tidak Pemalu.

Berikut tips mendidik anak agar anak tidak pemalu dan menjadi berani :

  • Ajarkan kepada anak agar belajar memberi salam kepada setiap tamu yang datang ke rumah.
  • Ikutkan berbagai kegiatan lomba di sekolat ataupun di sekitar rumah. Lomba itu tidak bertujuan untuk mengejar prestasi tetapi untuk mengasah keberanian anak. Karena jangan dibebani dia harus menang.
  • Sesekali diajak ke tempat keramaian seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan. Hal itu bertujuan mengenalkan anak pada lingkungan sehingga tidak canggung berhadapan atau bergaul dengan orang lain.

Nah itulah beberapa tips mendidik anak agar tidak menjadi pemalu dan mudah bergaul. Bila sering mendapatkan pengarahan seperti di atas, mudah-mudahan anak tidak akan menjadi pemalu lagi.

Semoga artikelnya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website