SHARE

Mengajarkan disiplin pada anak adalah hal yang sangat penting dilakukan orang tua. Karena menerapkan disiplin sejak dini berarti mengajarkan anak berperilaku sesuai norma dan batasan perilaku sesuai usia. Ada berbagai cara untuk mendisiplinkan anak. Menurut para ahli, semakin banyak cara pendisiplinan yang dipakai maka akan lebih efektif pendisiplinan tersebut. Berikut ini berbagisolusi.com akan berbagi beberapa cara pendisiplinan yang Anda bisa lakukan pada anak. Simak yah!

Tips Mengajarkan Disiplin Pada Anak

Berikut beberapa cara mengajarkan disiplin yang bisa dilakukan orang tua :

mengajarkan disiplin pada anak

Omelan

Omelan yang dimaksud disini yaitu berupa ucapan-ucapan yang mengkritik perilaku negatif anak. Lebih efektif kalau Anda tidak mengomel tetapi memberitahukan dengan jelas perilaku apa yang tidak Anda sukai dari anak.

Time out

Misalnya dengan meminta anak untuk berdiri di pojok ruangan atau pergi ke kamarnya untuk jangka waktu tertentu ketika ia melakukan perilaku yang tidak diinginkan.

Memberi konsukuensi logis

Misalnya, apabila anak tidak mau menghabiskan makanannya maka ia tidak akan mendapatkan makanan apa pun sampai waktu makan selanjutnya.

Menyogok

Misalnya dengan memberi hadiah ketika si kecil melakukan perilaku yang orang tua harapkan. Kalau terlalu sering digunakan, bisa-bisa anak cuma mau melakukan perilaku-perilaku yang diharapkan kalau mendapatkan hadiah.

Grounding

Biasanya diterapkan kepada anak-anak yang sudah lebih besar. Caranya yaitu dengan membatasi anak pergi ke luar rumah untuk bermain dengan teman-temannya.

Nah demikianlah beberapa tips untuk mengajarkan disiplin pada anak. Dengan mendidik anak untuk disiplin, akan membiasakannya untuk hidup dengan bekerja keras. Hal tersebutlah yang akan mereka hadapi nanti. Jangan buai mereka dengan kemudahan-kemudahan karena hal itu hanya akan membuat mereka cengeng dan tidak tangguh. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here