SHARE

Wanita yang sedang menjalani masa kehamilan sudah tidak asing lagi dengan istilah ngidam. Sebagian besar wanita yang sedang hamil mengalami masa ngidam. Hal seperti ini sudah lumrah dan sering terdengar di mana-mana saat membicarakan masalah kehamilan.
Apa sih  ngidam itu? Ngidam sebenarnya berbeda-beda pada setiap orang saat mengalami hamil muda. Ngidam biasanya ditandai dengan menginginkan hal-hal yang tidak rasional. Namun terkadang ada juga orang yang mengalami hamil muda tapi tidak merasakan ngidam.

Ada juga beberapa orang mengalami ngidam dengan meminta yang aneh-aneh pada suaminya. Dengan mencari pembenaran bahwa itu adalah bawaan bayi. Sejatinya ngidam adalah hal yang diidam-idamkan oleh para ibu hamil karena adanya perubahan yang terjadi pada diri mereka baik secara fisik maupun piskologis. Sebab perubahan fisik itu cenderung mereka ingin makan sesuatu yang segar, asam, pedas atau enak sesuai dengan seleranya pada saat itu.
Tak jarang juga dijumpai ngidam ditandai dengan menderita mual-mual, pusing dan muntah. Sebagian besar gejala ngidam timbul pada saat pagi hari. Oleh sebab itulah disebut dengan morning sickness.

Hampir semua dialami oleh wanita hamil terutama di usia kehamilan 1-4 bulan. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa 50-70 % wanita hamil mengalami gejala mual dan muntah atau ngidam. Namun pada saat usia kandungan memasuki usia 4 bulan atau 17 minggu, ngidam biasanya mereda bahkan hilang.

mengatasi mual saat hamil

Dalam artikel BerbagiSolusi.Com kali ini akan dibahas tentang tips-tips mengatasi ngidam bagi wanita hamil.

BEBERAPA TIPS MENGATASI MUAL-MUAL SAAT HAMIL

  • Makan dalam jumlah sedikit tapi sering.
    Karena semakin kosong perut anda maka semakin mudah anda merasa mual. Pun begitu juga sebaliknya.  Jangan makan dalam porsi besar karna akan membuat anda bertambah mual.
  • Usahakan lebih banyak mengkonsumsi protein misalnya ikan.
    Hindari makanan bersantan atau berlemak dan pedas.
  • Perbanyak komsumsi air putih, terbukti ampuh untuk menahan keinginan terhadap makanan tertentu.
  • Jangan mengkomsumsi makanan yang terlalu kuat bumbunya seperti kari
  • Hindari tempat panas dan pengap karena akan memicu gejala mual.
  • Hindari apa saja yang berbau tidak enak karena akan memancing mual.
    Jika sulit menghindar, simpanlah ekstrak buah melon dan setiap kali ada bau yang tidak enak datang, anda bisa mengendusnya untuk mengurangi rasa mual.
  • Perbanyak mengkomsumsi buah-buahan misalnya apel, pisang serta pepaya.
  • Jika sering berhadapan dengan komputer atau netbook, sebaiknya meluangkan waktu sejenak untuk memejamkan mata dan beristirahat.
    Lakukanlah dengan sering karena terlalu lama berhadapan dengan komputer bisa membuat mual anda semakin parah.
  • Jika rasa mual menyerang, sebaiknya atasi dengan mengkomsumsi apa saja yang berbahan jahe atau lemon.
    Bisa juga dengan permen jahe atau permen lemon.
  • Setiap akan keluar rumah, bawalah persiapan seperti permen jahe, permen lemon, kantong plastik, air mineral dll yang bisa membantu ketika anda mual. Juga jangan lupa bawa pasta gigi, sikat gigi dan pakaian ganti. Itu untuk antisipasi ketika anda muntah dalam perjalanan.
  • Istirahat yang cukup. Jangan terlalu kecapean.

Nah itulah beberapa tips saat merasakan mual-mual karna ngidam. Semoga artikelnya bermanfaat yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here