SHARE

Tantangan pekerjaan semakin hari semakin tinggi. Hampir semua tempat kerja sekarang menjadikan hari kerja menjadi 6 hari, yaitu senin sampai sabtu, sehingga waktu untuk keluarga hanya tersedia pada hari minggu, atau salah satu hari libur di setiap pekan.

Apabila Anda adalah salah satu dari orang-orang tersebut, maka Anda harus benar-benar memanfaatkan 1 hari di akhir pekan menjadi hari yang berkualitas, baik untuk diri Anda sendiri, maupun untuk keluarga Anda. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan waktu 1 hari tersebut untuk berwisata 1 hari, atau yang sering disebut one day tour.

Terdengar mudah dan menarik, namun ternyata berwisata 1 hari ini tidak sepenuhnya mudah. Tantangan terbesarnya adalah tentang bagaimana membuat waktu wisata yang sempit tersebut menjadi wisata yang sangat berkualitas. Nah, tips dari BerbagiSolusi.com berikut ini akan coba menjawab tantangan tersebut.

kaki-rinjani

Tipe Wisata 1 Hari yang Bisa Anda Pilih:

Tipe wisata pertama: Puaskan diri di 1 tempat.

Tipe wisata seperti ini sangat cocok apabila di wilayah Anda tidak terlalu banyak tempat yang bisa dijadikan objek wisata. Sehingga, Anda hanya bisa mengunjungi 1 tempat dan berpuas diri di sana.

Mengingat keterbatasan waktu, tipe wisata seperti ini bisa menjadi pilihan utama, karena Anda tidak perlu repot memikirkan pengaturan jam berangkat, konsumsi, dan lain-lain. Cukup kunjungi 1 tempat, dan nikmatilah.

Tipe wisata kedua: Puaskan diri di banyak tempat.

Nah, tipe wisata yang kedua ini mungkin kurang cocok apabila Anda hanya memiliki waktu wisata yang sangat sempit, karena setiap berpindah tempat wisata akan menyita waktu perjalanan. Namun, dengan pengaturan dan pengelolaan waktu yang baik, tipe wisata seperti ini bisa lebih menyenangkan.

Mengelola Rencana Wisata 1 Hari (One Day Tour)

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, dengan pengelolaan waktu yang baik, tour wisata 1 hari bisa lebih menyenangkan. Berikut ini beberapa tips merencanakan wisata 1 hari (one day tour):

Buat Itinerary atau Rencana Perjalanan.

Apabila di wilayah Anda terdapat banyak tempat wisata dan Anda ingin mengunjungi semuanya dalam 1 hari, maka Anda perlu membuat daftar objek wisata tujuan. Urutkan berdasarkan jarak dari tempat tinggal Anda, dan jadikan sebuah rencana perjalanan (itinerary) yang lengkap, berisi: Objek wisata tujuan, jam berangkat dan jam selesai kunjungan, serta hal-hal yang akan Anda lakukan di tiap-tiap objek wisata.

Makan di tempat, atau di tempat wisata?

Yang berikutnya perlu Anda pikirkan adalah mengenai konsumsi. Anda bisa memilih makan di tempat, misalnya apabila terdapat tempat makan di jalur perjalanan Anda. Atau, Anda juga dapat memilih makan di tempat wisata saja, untuk menghemat waktu.

Mengenai makan di tempat wisata, pilihannya bisa dengan makan di restoran atau warung makan yang tersedia di tempat wisata, atau makan nasi kotak. Segera telepon penyedia konsumsi Anda (warung/restoran) sebelum berangkat, untuk mempersiapkan konsumsi yang akan Anda bawa.

Hindari mengunjungi tempat yang belum Anda ketahui.

Mengunjungi tempat-tempat wisata baru mungkin sangat mengasyikkan. Namun, apabila Anda hanya memiliki waktu yang sangat terbatas, hindari rencana berwisata di tempat yang masih asing, karena waktu Anda akan tersita untuk mencari lokasi, bertanya, dll. Ketika mencari suatu lokasi pun, kendaraan pasti tidak akan secepat biasanya.

Namun, apabila Anda benar-benar ingin mengunjungi tempat-tempat yang baru tersebut, gunakan jasa guide.

Gunakan jasa tour lokal profesional.

Cara yang paling mudah yang bisa Anda lakukan agar tour wisata 1 hari Anda bisa sangat menyenangkan, adalah dengan menggunakan jasa tour lokal.

Pilihan ini tentunya sangat menarik, apabila Anda mengharapkan kualitas wisata yang hebat meski waktu yang sangat terbatas. Hal ini tentunya karena jasa tour lokal sudah memiliki itinerary yang sudah berulang kali digunakan untuk melayani wisatawan, sehingga mereka sudah tau apa-apa yang perlu dilakukan dan dipersiapkan, agar tour Anda bisa lebih efektif dan berkualitas.

Menggunakan jasa tour lokal ini sudah pernah saya lakukan ketika berwisata 1 hari beberapa pekan lalu di Lombok. Saya menggunakan jasa tour wisata 1 hari Lombok Tour Plus, yang merupakan penyedia jasa wisata di Lombok. Saya memilih jasa mereka, karena profesionalitas dan di websitenya bisa terlihat kepuasan pelanggan yang pernah menggunakan jasa yang mereka tawarkan.

Kunjungan yang kami pilih waktu itu adalah kunjungan ke Sembalun dan Senaru. Di Sembalun, di kaki Gunung Rinjani kami diajak menikmati kesejukan wilayah pegunungan, merasakan sensasi memetik stroberi di kebun stroberi, mengunjungi bukit Selong yang mulai populer di kalangan wisatawan lokal, dan lain-lain.

Setelah dari Sembalun, perjalanan berlanjut ke Senaru untuk menikmati 2 air terjun spektakuler: Sendang Gile dan Tiu Kelep, serta mengunjungi Masjid Bayan yang merupakan masjid tertua di Lombok.

Dengan perencanaan yang matang dari pihat tour travel, perjalanan kami saat itu sangat menyenangkan. Saya sendiri tidak menyangka, bahwa kami yang tinggal di kota Mataram, bisa menikmati wisata di Sembalun yang terletak di Lombok Timur, serta Senaru yang terletak di Lombok Utara. Jarak tempuh yang cukup jauh, hingga 250 kilometer, namun bisa kami nikmati hanya dalam waktu 1 hari.

Untuk urusan wisata Lombok, jasa wisata Lombok Tour Plus sangat direkomendasikan!

Nah, semoga tips-tips ini bermanfaat buat Anda. Semoga rencana perjalanan Anda menyenangkan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.