mengatasi bau badanTips menghilangkan bau ketiak ada beraneka macam. Ketahui cara mudah dan tradisional menghilangkan bau badan beserta sebab-sebab bau ketiak itu sendiri, pada artikel berikut ini.

Tips menghilangkan bau ketiak berikut ini tidak sulit untuk diikuti karena ada beberapa cara alami dengan bahan yang juga mudah ditemukan yang bisa dicoba di rumah. Tidak perlu khawatir jika merasa bau ketiak menjadikan Anda tiba-tiba tidak merasa percaya diri karena tips berikut ini bisa menjadi penyelamat Anda.

Tips Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu

Bau ketiak yang juga menjadi penyebab bau badan tentu tidak hanya mengganggu bagi kita, tapi juga orang lain. Cobalah cara ampuh nan mudah berikut ini untuk memudarkan bau tidak enak tersebut.

Daun beluntas

Daun beluntas bisa ditemukan di mana-mana dan tanaman ini termasuk tumbuhan semak dengan banyak cabang dan memiliki tekstur halus pada rusuknya. Tanaman ini biasa juga dikenal sebagai tanaman pagar. Tidak perlu susah-susah meramunya menjadi sebuah jamu, daunnya bisa kita konsumsi dengan memasaknya lebih dulu atau dijadikan sebagai lalapan.

Jahe

Jahe bukan hanya berperan penting untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, tapi penggunaannya termasuk di dalam tips menghilangkan bau ketiak secara tradisional yang bisa diandalkan. Rempah satu ini sangat berguna dan kita hanya perlu minum wedang jahe secara rutin setiap hari supaya bau badan tidak muncul lagi. Atau jika mau, jahe bisa diparut lebih dulu lalu kemudian parutannya digosok-gosokkan ke ketiak kita.

Mentimun

Mentimun sangat segar bila dibuat es dan sangat enak juga untuk lalapan, tapi ternyata sebuah mentimun yang dikupas dan digosok-gosokkan ke ketiak, bisa menyelamatkan kita dari bau badan tidak sedap. Lakukan ritual penggosokkan mentimun ke ketiak setiap sehabis mandi secara teratur dan lihat hasilnya.

Daun sirih

Daun sirih yang dikenal memiliki segudang manfaat ini bisa juga diandalkan untuk mengusir bau badan. Cukup siapkan sekitar 30 helai daun sirih, dan tambahkan air secukupnya untuk dicampur bersama. Panaskan sampai mendidih, baru campurkan air dingin ke air rebusan daun sirih tersebut supaya air rebusan tidaklah terlalu panas. Air rebusan tersebut bisa digunakan untuk mandi dan untuk hasil maksimal, tentunya perlu dilakukan dengan rutin.

Kemangi

Daun kemangi juga dikenal nikmat sebagai lalapan bagi beberapa orang, tapi nyatanya kemangi juga sangat berguna untuk menghilangkan bau ketiak hanya dengan mengonsumsinya setiap hari. Untuk menghindari bau badan, ada baiknya tips menghilangkan bau ketiak dengan alami satu ini dilakukan pagi dan sore hari, atau saat makan siang dan makan malam jika mau.

Jeruk nipis

Siapkan sebuah jeruk nipis dan potonglah supaya airnya bisa diambil. Airnya kemudian bisa dicampur dengan kapur dan daun sirih, baru kemudian cairannya bisa dioleskan ke ketiak atau bagian tubuh lainnya yang Anda curigai sebagai sumber bau badan. Penggunaan rutin akan membuahkan hasil yang maksimal.

Cengkih/cengkeh

Cengkih juga merupakan bahan alami yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Cengkih bisa direndam dengan air dan biarkan sampai mengembang. Setelah itu, masukkan gula secukupnya dan campurkan. Setelah beberapa jam, Anda bisa meminumnya sebagai salah satu tips menghilangkan bau ketiak alami yang mudah dipraktikkan. Konsumsilah setiap hari secaa teratur agar bau ketiak bisa hilang dengan cepat.

Apa Penyebab Bau Ketiak yang Paling Sering Terjadi?

Bau ketiak atau bau badan biasanya dikarenakan adanya percampuran antara keringat yang diproduksi oleh kelenjar manusia dengan bakteri. Kelenjar tersebut kita bisa sebut sebagai accrine dan apocrine. Kelenjar apocrine adalah yang berhubungan dengan bagian tubuh yang memiliki rambut, seperti kemaluan manusia, hidung, dan ketiak; sedangkan kelenjar accrine berkaitan dengan area tubuh, seperti dahi, punggung dan tangan.

penyebab bau badanNamun, bau badan tidak hanya bisa terjadi karena dorongan kelenjar tersebut, jarang mandi pun bisa menjadi pemicu atau kemungkinan juga karena bahan pakaian yang tidak tepat. Untuk itulah, selain dari tips yang telah disebutkan di atas, ada baiknya untuk mandi secara teratur demi menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Mandi dua sampai tiga kali sehari akan membuat tubuh kita bersih dan jauh dari kuman karena kita pun banyak beraktivitas.

Pakaian yang berbahan katun tidak akan menjadi masalah karena keringat bisa menguap secara natural, tapi ada bahan pakaian yang malah membuat bau badan makin tidak sedap. Jadi, mengenakan pakaian yang nyaman dan menghindari pakaian berbahan polyester yang sempit juga termasuk di dalam tips menghilangkan bau ketiak.

***

Nah, demikianlah artikel mengenai bau keringat, serta tips menghilangkan bau keringat itu sendiri. Selamat mencoba. Jangan lupa tuliskan komentar, pendapat, dan pertanyaan Anda melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website