Korban kejahatan hipnotis terus berjatuhan. Metode yang digunakan oleh pelaku semakin beraneka ragam, bahkan sering tidak masuk akal. Yang diincar juga tidak hanya harta korban, tapi juga berkembang hingga milik anggota keluarga. Namun, kejahatan ini dapat dihalau dengan meningkatkan kewaspadaan. Hipnotis merupakan sebuah proses menyugesti diri sendiri, dan hipnotis yang dilakukan oleh pelaku kejahatan terjadi dengan memanfaatkan rasa takut yang kita miliki. Namun, kejahatan ini tidak akan ampuh kepada orang yang menolak proses sugesti tersebut. Hipnotis adalah proses ilmiah yang merupakan ilmu dan seni komunikasi bawah sadar, atau seni komunikasi antara pelaku dan korban. Jika komunikasinya tidak bagus maka proses hipnotis juga tidak terjadi.

Ada beberapa media yang bisa dipakai untuk hipnotis, misalnya ditepuk dari belakang, diajak jabat tangan, diajak berbincang. Namun, jika hanya ditepuk saja tetapi tidak melayani ajakannya berbincang atau saling bertatapan, hipnotis tidak akan terjadi. Ada lima hal dalam proses hipnotis yaitu hipnotis

  • Proses psikologis yang menciptakan hasil fisiologis
  • Proses yang diterima oleh pikiran yang tidak menganalisa
  • Keadaan natural yang dialami setiap manusia.
  • Sebuah alat untuk memfasilitasi perubahan.
  • Saat pikiran kita berada di Alpha Theta.

 

Meski demikian, hipnosis bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Hipnosis makin memasyarakat dengan adanya tayangan hipnosis di acara televisi. Di samping untuk hiburan, hipnosis bisa juga untuk penyembuhan. Hipnosis yang digunakan untuk penyembuhan disebut hipnoterapi. Pengobatan hipnoterapi manjur untuk mengatasi segala macam phobia alias ketakutan tidak rasional terhadap suatu objek tertentu. Misalkan takut ketinggian, takutruang gelap, takut binatang tertentu dll.

Dengan metode hipnosis phobia dapat dihilangkan dan prosesnya jauh lebih cepat dibandingkan metode obat-obatan. Selain itu, hipnosis juga efektif untuk mengatasi gangguan penggunaan obat-obatan., menghentikan kebiasaan buruk, menghentikan rokok seketika. Selain itu hipnoterapi juga bisa membantu mengatasi berbagai penyakit serius seperti cemas alis neurosa berkepanjangan, gangguan belajar dan sulit konsentrasi pada anak dan remaja, gangguan nyeri, tidak percaya diri dan stress berkepanjangan.

Lalu bagaimana dengan hipnotis untuk tindakan kriminal. Hipnotis memang ada. Ilmu tentang itu bisa dipelajari. Namun untuk menindak pelaku agak sulit karena suitnya menemukan bukti apakah korban terkena hipnotis atau karena suka sama suka. Inilah sebabnya tindakan ini sulit untuk dikatakan kriminal. Sesuatu bisa dikatakan kriminal jika memenuhi bebrapa syarat, yakni ada peristiwa, pelaku, korban dan reaksi dari masyarakat. Jika telah memenuhi empat unsur itu, maka hipnotis disebut sebagai tindakan kriminal. Dan yang paling sering menjadi korban dari hipnotis ini adalah perempuan. Karena lebih mudah diperdaya dibandingkan pria. Lalu bagaimana agar bisa menghindari menjadi korban hipnotis itu sendiri? Berikut ini berbagisolusi.com akan berbagi tipsnya. Disimak yah!

hipnosis

Tips Menghindari Hipnotis

Berikut ini beberapa tips menghindari hipnotis :

  • Proses hipnotis biasanya dilakukan dengan komunikasi yang begitu persuasif. jadi, jangan berbicara terlalu akrab dengan orang asing. Sebaiknya selalu curiga kepada orang yang baru dikenal.
  • Hipnotis bisa terjadi lewat kontak mata atau sentuhan. Waspadalah terhadap orang yang tiba-tiba menepuk bagian tubuh dari belakang. Sebisa mungkin, hindari percakapan dengannya dan pergi ke tempat lain. Sugesti mulai mengalir apabila kita fokus mendengarkan ucapannya.
  • Jangan biarkan fikiran dalam keadaan kosong, apalagi saat senirian di tempat umum. Sibukkan diri dengan mendengarkan musik atau membaca buku. Sebaiknya pula, selalu berdoa sebelum ke luar rumah dan mengingatNYa selama di perjalanan. Segala sesuatu yang terjadi adalah atas izinNya.
  • Bila memiliki kebiasaan latah, hindari pergi ke tempat umum sendirian. Latah merupakan sebuah kebiasaan  membuka alam bawah sadar untuk mengikuti perintah orang lain. Dan orang latah menjadi sasaran empuk bagi penjahat hipnotis.
  • Percaya sepenuhnya jika kejahatan hipnotis tidak mempan kepada orang yang menolaknya. Karena hipnotis merupakan proses menyugesti diri sendiri, di mana pelaku hipnotis memanfaatkan rasa takut dalam diri kita.

Itulah beberapa tips untuk menghindari hipnotis. Harus selalu meningkatkan kewaspadaan agar bisa terhindar dari segala macam kejahatan. Semoga artikelnya bermanfaat dan selamat melanjutkan aktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website