SHARE

Berbagisolusi.com – Keringat yang berlebih pada ketiak disebabkan oleh hormon dan makanan. Untuk mengatasinya tidak cukup hanya dengan memakai deodorant. Ketiak basah hampir dialami oleh semua orang. Hal ini tentunya sangat mengganggu dan memalukan bagi setiap orang yang mengalaminya. Ada beberapa cara yang cukup mudah dan sederhana yang bisa membantu anda untuk mencegah atau minimalnya mengurangi keringat berlebih pada ketiak serta mencegah aroma yang tak sedap pada ketiak anda akibat bakteri yang bercampur dengan keringat.

Cara Alami Mengatasi Masalah Keringat di Ketiak.

Berikut cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah keringat berlebih di ketiak :

Menghilangkan Rambut atau Bulu Ketiak

Untuk anda yang mengalami keringat berlebih bisa mencegahnya dengan cara mencukur rambut ketiak, karena rambut ketiak yang panjang bisa memperburuk keadaan dan menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Rambut dapat mempermudah tumbuhnya bakteri penyebab bau badan pada ketiak, untuk mencegahnya anda harus rajin mencukur rambut ketiak. Anda tidak boleh mencabut rambut ketiak, karena akan menyebabkan luka pada pori-pori kulit yang dapat memicu terjadinya berbagai masalah lainnya, seperti infeksi, peradangan, dan lain sebagainya.

mencegah keringat ketiak

Menggunakan Bahan Dapur untuk Mengatasi Masalah Keringat di Ketiak.

Menggunakan Cuka Putih dan Soda Kue

Cuka putih dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada ketiak. Caranya dengan mengoleskan sedikit cuka putih pada ketiak anda. Hal ini dapat dengan ampuh mencegah keringat berlebih yang menyebabkan bau badan daripada anda menggunakan deodorant.

Selain cuka putih, bahan dapur lainnya yang bisa Anda gunakan adalah soda kue atau baking soda. Soda kue memiliki banyak sekali manfaat selain sebagai bahan membuat kue. Anda bisa mengatasi keringat yang berlebih dengan membuat pasta dari baking soda dan air. Pasta ini kemudian  anda oleskan pada ketiak dan dibiarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Mengoleskan sedikit baking soda pada ketiak mampu membantu mencegah keluarnya keringat berlebih dan juga dapat mengurangi bau badan yang tidak sedap. Soda kue mampu untuk menyerap keringat yang muncul pada ketiak, sehingga ketiak anda tetap kering sepanjang hari dan tidak menimbulkan bau badan.

Aneka Buah dan Herbal yang Dapat Membantu Mengatasi Masalah Keringat dan Bau Badan.

  • Mengunakan Mentimun.
    Mentimun dapat digunakan sebagai deodorant alami untuk menghilangkan keringat berlebih. Caranya cukul mudah, anda  hanya perlu menyiapkan mentimun saja kemudian cuci bersih. Setelah di cuci lalu dipotong, potongan mentimun yang masih terdapat getahnya di oleskan ke ketiak anda. Cara ini dipercaya sangat ampuh untuk mengusir keringat berlebihan pada ketiak anda.
  • Buah Bit.
    Cara mengatasi keringat berlebih yang berikut adalah dengan menggunakan buah bit. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 1 buah bit dengan 1/4 sendok teh gliserin. Campuran ini juga bisa anda gunakan sebagai salah satu cara menghilangkan keringat yang berlebih.
  • Kemangi.
    Kemangi diketahui dapat mengatasi bau badan yang tidak sedap. Anda cukup dengan mengkonsumsinya dengan cara dijadikan lalapan atau bisa juga dengan dibuat jus kemangi. Hal ini dipercaya dapat menghilangkan keringat dan bau badan secara alami.
  • Jeruk lemon.
    Jeruk lemon dapat mengurangi kelembaban keringat, selain itu dapat membuat ketiak jadi lebih cerah dan bersih. Aplikasikan jeruk lemon di ketiak anda sebelum mandi dan biarkan beberapa menit, kemudian anda bilas dengan mandi seperti biasanya.

Tips Lainnya:

Selain melakukan beberapa cara di atas, ada dua hal yang bisa anda lakukan untuk membantu mencegah bau badan dan keringat berlebih, yaitu menghindari makanan pedas karena dapat memicu keringat berlebih.

Penggunaan pakaian juga harus diperhatikan. Kenakanlah pakaian berbahan katun sehingga tidak membuat badan anda basah kuyup karena keringat, karena katun dapat menyerap keringat dengan baik.

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengurangi keringat berlebih dan mencegah bau badan yang tidak sedap. Selamat mencobanya di rumah!

Baca pula: Cara Membuat Lulur dari Bahan Alami.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.