keamanan anak

Belakangan ini kasus penculikan anak makin mengkhawatirkan. Tak heran karena berusia 10 tahun ke bawah masih polos dan mudah percaya kepada orang asing yang berprilaku baik dan mengaku kenal. Pada dasarnya, keterbukaan dan dorongan memandirikan anak bagus, kelak ia juga mampu mengembangkan sikap sosial yang relatif aktif dan supel. Namun, sisi positif ini dapat berkembang sesuai jalur dan tidak sampai menimbulkan trauma psikis pada anak kelak. Nah pada artikel kali ini, BerbagiSolusi.Com akan berbagi tips bagaimana menjaga keamanan anak.

BEBERAPA TIPS MENJAGA KEAMANAN ANAK

Berikut tips menjaga keamanan anak :

  1. Selalu masukkan di saku anak, nama anak, nomor telepon dan penanggungjawabnya tiap ke sekolah atau di ajak keluar. Jangan tinggalkan alamat, karena anda tentunya tidak mau didatangi orang yang tak di kenal ke rumah kan?
  2. Ajari anak untuk mencari satpam, petugas toko atau manajer mall di tempat terakhir tersesat. Dia tidak boleh duduk sendirian atau terlihat lelah, karena akan menarik perhatian penculik.
  3. Kalau anak dibekali ponsel, akan memudahkan pencarian bila ia hilang. Tentu, pemakaian pulsa harus diawasi.
  4. Ketika pergi ke tempat ramai seperti taman hiburan, gunakan kamera di ponsel untuk memotret semua anak dalam kelompok anda.
  5. Kenakan pakaian berwarna cerah pada anak untuk memudahkan pencarian di keramaian, terutama kuning dan hijau. Bagi anak sulit melihat wajah orang dewasa yang tinggi dan menutupi jarak pandang mereka.
  6. Seandainya anggota kelompok anda terpisahkan, segera beritahu satpam. Kebanyakan mall, taman hiburan, dan taman umum lainnya memiliki prosedur darurat yang dapat mereka terapkan. Misalnya memanggil si anak lewat pengeras suara dan menutup semua jalan keluar untuk memastikan anak anda tidak berjalan keluar kawasan itu sendiri atau dibawa paksa oleh penculik.
  7. Bila anak sudah ditemukan, cepatlah beri pujian. Jangan dimarahi, karena dia sendiri diburu ketakutan saat hilang. Tunjukkan anda merindukannya sehingga lain kali dia berusaha selalu berada di dekat anda.

Nah demikian tips bagaimana menjaga keamanan anak anda. Semoga artikelnya bermanfaat yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website