SHARE

Kesehatan gigi dan mulut adalah gerbang awal kesehatan tubuh. Meski demikian, seringkali kita menyepelekan masalah tsb. Membersihkan dan merawat gigi perlu dilakukan sedini mungkin. Lalu cara apa saja yang dilakukan dalam membersihkan gigi agar terhindar dari masalah kerusakan gigi?

Yuk simak artikel BerbagiSolusi.Com yang akan membahas tentang tips-tips menjaga kesehatan gigi dan mulut.

menjaga kesehatan gigi mulut

BEBERAPA TIPS MENJAGA KESEHATAN GIGI.

MENYIKAT GIGI DENGAN BENAR.

Sikatlah gigi secara benar dimulai dari gusi ke gigi. Jadi tidak dengan gerakan menyamping ke kiri dan kanan. Letakkan posisi kepala sikat dengan membentuk sudut 45 derajat di daerah perbatasan antara gigi dan gusi. Sikat bagian luar permukaan setiap gigi atas dan bawah dengan posisi garis gusi agar sisa makanan yang mungkin masih menyelip dapat dibersihkan. Dapat juga menggunakan gerakan memutar terutama di bagian permukaan gigi belakang. Untuk gigi bagian dalamgunakan gerakan mencongkel tetap dari arah gusi ke gigi. Yang perlu diperhatikan untuk bagian gigi yang mengunyah karena sering terjadi lubang gigi, gerakannya maju mundur dengan sedikit tekanan. Sikatlah gigi kurang lebih 2 menit di waktu yang tepat yaitu minimal 2 kali sehari. Pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

BERSIHKAN SELA GIGI.

Untuk membersihkan sela gigi, gunakanlah benang gigi (dental floss) sekali sehari untuk mengangkat plak yang tidak dapat disentuh oleh sikat gigi. Pembersihkan sela gigi dengan menggunakan benang gigi akan mengeluarkan sisa makanan yang terjebak di sela gigi. Cara efektif lainnya adalah gunakan obat kumur.

RAJIN MENGGANTI SIKAT GIGI.

Ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. jangan tunggu sampai sikat gigi mekar baru menggantinya. Dan pilihlah sikat gigi berbulu lembut dengan kepala sikat yang dapat menjangkau semua bagian gigi. Setalah menyikat gigi, bersihkan juga bagian lidah, karena lidah merupakan tempat berkumpulnya bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

RAJINLAH KONTROL KE DOKTER GIGI.

Pergilah ke dokter gigi sebelum ada masalah. Biasakan datang ke dokter gigi sedini mungkin, karena jika ada masalah bisa ditanggulangi sedini mungkin. Penting melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalisasi rasa sakit apabila kita pergi ke dokter gigi sedini mungkin.

 

MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT.

MENGAPA PLAK DAN KARANG GIGI MUDAH SEKALI TERBENTUK?

Plak adalah lapisan tipis yang melapisi permukaan gigi berwarna putih kekuningan yang terdiri dari mikroorganisme, kumpulan bakteri, jaringan mati dsbnya. Jika plak mengeras dan terklasifikasi maka dapat terbentuklah karang gigi. Oleh karna itu sehabis makan, bersihkan gigi dengan kumur-kumur atau sikat menggunakan sikat gigi kombinasi bulu sikat ultra lembut dan bulu sikat biasa yang mampu menjangkau dan membersihkan sela-sela gigi dan lembut untuk gusi. Jika plak sudah mengeras menjadi karang gigi maka harus dibersihkan dengan alat mekanis oleh dokter gigi. Oleh karena itu penting sekali untuk melakukan kontrol secara teratur ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

KEBIASAAN YANG SALAH SAAT MENGGOSOK GIGI.

Banyak yang sudah menyikat gigi 2 kali sehari. Namun, menyikat gigi secara benar adalah sesudah makan. Baik itu sarapan, makan siang dan sebelum tidur. Sebagian besar kesalahan yang kerap kita pelihara adalah menyikat gigi pada waktu mandi.

Nah demikianlah artikel tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here