SHARE

Mungkin karena kurang pengetahuan atau sedikit informasi tentang penyakit ginjal, banyak orang mengabaikan perawatan salah satu organ penting ini. Padahal, tidak sedikit yang menderita gagal ginjal dan terpaksa melakukan cuci darah seumur hidup atau transplantasi ginjal. Di China sepanjang tahunnya sekitar 10 juta penderita gagal ginjal menunggu donor. Di Indonesia pun penderita gagal ginjal sudah lebih dari 1 juta orang.

Penyakit ginjal tidak terdeteksi, tiba-tiba ketika seseorang mengalami gejalanya, itu sudah pada tingkat pertengahan hingga kronis. Pasalnya, ginjal merupakan motor semua organ dalam tubuh manusia. Bila ginjalnya sakit, praktis akan muncul penyakit yang menganggu organ lainnya. Bila penanganannya tidak dilakukan dengan baik, hal ini dapat berujung pada kematian. Karena itu sudah selayaknya ginjal diperhatikan ekstra sebelum menjadi gagal ginjal.

Untuk menjaga ginjal agar tetap sehat, ada beberapa tips. Berikut akan dibagikan tips-tipsnya:

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

ginjal sehat

Konsumsi Makanan Sehat

Untuk menjaga kesehatan ginjal, biasakanlah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan sehat yang dimaksud disini adalah makanan yang kaya akan nutrisi dan mempunyai gizi yang seimbang. Selain itu, pastikan juga peralatan yang digunakan saat memasak makanan tersebut terjamin kebersihannya.

Perbanyak Minum Air Putih

Cukupkan kebutuhan cairan dalam tubuh Anda agar ginjal tetap dapat berfungsi dengan baik, pastikan untuk selalu minum air putih minimal 2 liter per hari.

Olahraga Teratur

Biasakan untuk berolahraga secara teratur. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan berlarilari kecil ataupun bersepeda santai namun dilakukan secara teratur.

Hindari Tekanan Darah Tinggi

Kontrol tekanan darah Anda jangan sampai Anda mengalami tekanan darah tinggi. Hindari makanan yang dapat menyebabkan timbulnya tekanan darah tinggi, karena tekanan darah tinggi dapat mengganggu fungsi ginjal Anda.

Hindari Stress

Jalani hidup dengan santai, biasakan untuk rileks dan tenang dalam menghadapi masalah. Jangan sampai mengalami stress, karena apabila Anda stress maka akan berpengaruh pula dengan kesehatan ginjal Anda.

Hindari Minuman Beralkohol

Semua orang pun tahu bahwa minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mempunyai ginjal yang sehat, maka jangan pernah berpikir untuk mengkonsumsi minuman-minuman beralkohol tersebut.

Kurangi Konsumsi Kafein

Kurangilah konsumsi segala produk yang mengandung kafein, salah satu contohnya yaitu kopi. Lebih baik Anda meminum air putih ataupun susu.

Nah itulah beberapa tips untuk menjaga ginjal agar tetap sehat. Mulai sekarang, jagalah kesehatan ginjal anda. Agar terhindar dari penyakit ginjal yang mematikan. Semoga artikelnya bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here