Menjaga kesehatan mulut dan gigi amatlah penting. Apalagi jika beberapa gigi susunya mulai tanggal dan gigi tetap mulai tumbuh. Orang tua perlu benar-benar merawat gigi tetap yang baru tumbuh itu karena gigi akan menetap di sepanjang hidup anak. Kalau anak memiliki gigi yang tidak sehat maka ia akan sulit untuk mencerna makanan. Akibatnya aktivitas makannya akan terganggu dan ia tidak memperoleh kecukupan energi dan zat-zat gizi yang dibutuhkan setiap hari.

Dan pada akhirnya, hal ini bisa memberi dampak buruk pada proses tumbuh kembang anak. Misalnya jadi mudah terserang penyakit. Karenanya, orang tua harus selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi anak. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan mulut dan gigi pada anak? Berikut ini berbagisolusi.com akan berbagi infonya, jadi jangan lupa untuk menyimak yah!

Tips Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi pada Anak

Berikut hal-hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak :

kesehatan gigi dan mulut pada anak

  • Biasakan anak menyikat gigi setelah setelah makan dan menjelang tidur.
  • Jangan membiasakan memberikan susu kepada anakĀ  sebelum tidur. Atau kalau anakĀ  terbiasa minum susu sebelum tidur, minta ia menggosok gigi setelahnya. Kalau anak terbiasa minum susu sampai tertidur, bersihkan giginya dengan menggunakan lap yang sudah Anda rendam air hangat.
  • Jangan terlalu sering memberi anak jenis makanan yang manis dan lengket.
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin setiap enam bulan sekali.

Nah itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi pada anak. Semoga artikelnya bermanfaat dan selamat melanjutkan aktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website