Postur tubuh yang baik harus ditunjang tulang yang sehat dan kuat. Untuk itu, tulang harus dijaga supaya jangan cepat keropos. Layaknya tabungan pada hari tua, tabung kalsium sejak dini agar bisa rasakan manfaatnya nanti. Tulang yang sehat dan kuat adalah tulang yang tidak mudah patah.

Kalsium sangat identik diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Tidak semua zat kalsium yang kita butuhkan harus berasal dari produk susu. Sebenarnya, kalsium juga terkandung di beberapa makanan lain. Lalu makanan apa saja yang mengandung kalsium? Berbagisolusi.com akan berbagi infonya, jadi simak aja yah artikelnya.

tulang sehat

TIPS MENJAGA KESEHATAN TULANG :

Jenis makanan yang mengandung kalsium untuk kesehatan tulang :

  • Sayuran berdaun hijau.
    Sayuran hijau tua seperti bayam mengandung kalsium dan vitamin serta mineral yang penting. Salad bayam atau porsi lebih dari sayuran hijau saat makan siang memberikan tubuh anda  kalsium yang dibutuhkan.
  • Brokoli.
    Brokoli merupakan sumber vitamin D yang baik selain susu dan juga sayuran. Kandungan kalsiumnya cukup tinggi karena hampir setara dengan kalsium pada segelas susu.
  • Sereal.
    Makanan olahan biasanya punya reputasi jelek, namun sering dipenuhi dengan vitamin tambahan dan mineral seperti kalsium. Sereal sarapan merupakan cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi tambahan serta pastikan untuk melihat tambahan gula pada penganan tersebut.
  • Kacang almond.
    Kacang almond mengandung kalsium dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kuku dan rambut. Taburkan pada salad agar lebih sehat dan krispi.
  • Ikan salmon.
    Vitamin D bisa juga ditemukan dalam ikan berlemak seperti ikan salmon. Cukup mengkomsumsi ikan salmon maka kebutuhan vitamin D harian akan tercukupi dengan baik. Tulang ikan salmon yang biasanya mudah dimakan terutama sudah dalam bentuk kalengan pun banyak mengandung kalsium.
  • Jeruk.
    Jeruk adalah buah favorit semua orang, juga mengandung kalsium. Irisan jeruk segar akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan bentuk tulang yang bagus.
  • Ikan lele.
    Ikan lele merupakan jenis makanan yang banyak dikomsumsi oleh masyarakat kita karena rasanya yang enak dan harganya yang murah. Ikan lele juga mengandung kalsium yang sangat berperan untuk menguatkan tulang.
  • Keju.
    Keju terbuat dari susu yang sudah pasti mengandung banak kalsium. Keju mozarella memiliki jumlah kalisum yang sangat tinggi sehingga dijadikan makanan yang bisa dikomsumsi setiap hari.
  • Yoghurt.
    Yoghurt mengandung jumlah kalsium yang lebih banyak dibandingkan susu. Bagi Anda yang alergi akan susu, siasati dengan mengkomsumsi yoghurt untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian.

Selain asupan kalsium yang cukup untuk membangun dan memelihara tulang agar tetap kuat, diperlukan vitamin D untuk  membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium serta 4 mineral esensial seperti magnesium untuk membantu menjaga kekuatan tulang, Seng untuk membantu pembentukan dan perbaikan tulang, Tembaga untuk membantu mineralisasi tulang, dan Mangan untuk membantu perkembangan tulang. Nah itulah beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

Semoga bermanfaat yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website