Salah satu organ penting dari tubuh adalah mata. Namun, tak semua orang memiliki penglihatan yang sempurna, mulai dari gangguan refraksi hingga masalah penglihatan akibat bertambahnya usia. Lalu bagaimana menyiasati agar mata kembali berfungsi optimal? Beberapa tahun lalu, menggunakan kacamata akibat dari gangguan refraksi sempat menjadi tren. Bahkan penggunaan softlens pun sempat menjamur dan menjadi bagian dari lifestyle di kalangan muda. Namun kini, tren berkacamata dan menggunakan softlens lambat laun mulai pudar. Di samping bukan bersifat kuratif, justru banyak orang yang merasa terganggu dengan memakai kacamata dan softlens.

Tren kacamata dan softlens itu terganti dengan metode lasik. Melalui metode lasik kelainan refraksi seperti rabun dekat, rabun jauh dan silinder, kuratif dapat dijalani tanpa dioperasi. Wah, semakin canggih saja teknologi jaman sekarang. Prosesnya singkat hanya dibutuhkan kurang lebih sepuluh menit per-mata, pelaksanaannya pun dapat dilakukan pada dua mata sekaligus saat bersamaan. Dan Anda pun terbebas dari kacamata dan softlens. Tetapi alangkah bahagianya jika mata kita tidak pernah mempunyai masalah sedikitpun. Tentunya kita harus menjaganya, agar mata bisa sehat selamanya.

Bagaimana cara menjaga mata agar tetap sehat dan tidak mengenal kacamata, softlens ataupun lasik? Jangan khawatir, berbagisolusi.com akan berbagi tips menjaga mata agar tetap sehat. Simak yah!

mata sehat

Cara Menjaga Kesehatan Mata.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata:

  • Biasakan memakai kacamata hitam atau sun glasses saat keluar ruangan pada siang hari yang terik. Kacamata hitam mampu melindungi mata dengan dua cara, yaitu menyaring cahaya matahari dan melindungi mata dari sinar UV yang merusak mata.
  • Ahli mata menganjurkan untuk mengingat aturan 20.20.20 untuk menjaga kesehatan mata. Yaitu setiap 20 menit menghadap ke layar komputer, alihkan pandangan selama 20 detik, dan lihatlah objek bergerak dengan 20 kaki.
  • Rajinlah mengkomsumsi makanan bergizi dengan kandungan vitamin A seperti wortel, tomat, dan pepaya untuk menutrisi mata.
  • Mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua. Sayuran yang memiliki daun hijau tua seperti bayam, brokoli atau sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis karotenoid yang diketahui bisa mengurangi risiko berkembangnya katarak serta penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Cobalah untuk mengonsumsinya dua porsi sehari, misalnya satu porsi bayam saat makan siang dan satu porsi brokoli saat makan malam.

Itulah beberapa tips menjaga mata agar tetap sehat, semoga bermanfaat bagi kita semua. :)

Selamat melanjutkan aktivitas.

One thought on “Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

  1. Terapi Mata says:

    Ini Info yang sangat menarik. berguna bagi kehidupan urban ibukota. terima kasih atas info nya. Terapi Mata Minus dan Silinder Ortho-K.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website