SHARE

cara tepat merawat bibir kering

BerbagiSolusi.com – Seluruh bagian tubuh dan wajah anda sangat penting untuk dijaga kesehatan dan kebersihannya. Salah satu bagian wajah yang paling sering bermasalah adalah bibir. Jika anda mengalami masalah bibir  pecah-pecah dan juga kering, maka anda harus rajin merawatnya sebelum menjadi bertambah parah dan menyebabkan iritasi yang serius pada bibir anda.

Berikut beberapa solusi untuk merawat bibir yang kering dan pecah-pecah , antara lain :

Menggunakan mentega dan minyak kelapa

Mentega dan minyak kelapa merupakan salah satu cara yang baik untuk mengatasi bibir anda yang pecah-pecah dan juga kering. Selain sangat mudah didapatkan bahan alami ini juga mengandung asam lemak yang baik untuk mengembalikan kelembaban bibir anda. Sehingga bibir menjadi lebih sehat dan kenyal.

Menggunakan buah tomat

Bibir yang pecah-pecah dan kering biasanya terjadi apabila anda kekurangan asupan vitamin C. Tomat merupakan salah satu buah yang sangat bermanfaat karena mengandung banyak vitamin C. Anda bisa mengaplikasikan pada bibir dengan cara mengiris buah tomat dan mengoleskannya pada bibir anda.

Menggunakan madu

Madu juga bisa memberikan manfaat yang baik dalam perawatan bibir anda yang kering dan pecah-pecah. Madu bisa digunakan untuk merawat bibir dengan cara mengoleskan dan dipijat lembut bibir anda. Madu akan sangat baik dalam mengembalikan kelembaban dari bibir anda.

Menggunakan irisan mentimun

Mentimun juga mengandung banyak vitamin C, selain itu mentimun mengandung banyak air yang bisa untuk mencegah dehidrasi bibir anda yang kering. Anda cukup menghaluskan mentimun sampai menjadi bubur, lalu oleskan pada bibir anda. Lakukan secara rutin sampai mendapatkan hasil yang anda inginkan.

Menggunakan lemon dan madu

Lemon yang dicampurkan dengan madu dipercaya mampu mengangkat sel sel kulit mati. Sehingga jika diaplikasikan pada bibir anda, akan sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada bibir anda yang kering dan pecah pecah.

Ekstrak lidah buaya

Lidah buaya selain digunakan untuk menyuburkan rambut, juga bisa digunakan sebagai ekstrak dalam perawatan bibir yang pecah dan kering. Lidah buaya sangat baik anda gunakan sebagai pelembab bibir sebelum  anda istirahat malam. Diamkan selama semalaman supaya zat yang terkandung dalam lidah buaya dapat meresap dengan sempurna.

Mengkonsumsi air putih

Dehidrasi adalah salah satu penyebab bibir anda menjadi kering dan pecah-pecah. Mengkonsumsi banyak air putih untuk tetap  menjaga kulit tetap lembab, selain itu air putih dapat menjaga tubuh anda tetap segar.

Hindari menjilati bibir

Menjilati bibir untuk melembabkan bibir yang kering bukanlah salah satu solusi yang baik, karena bibir akan menjadi lebih kering dan membuat kondisi pecah-pecah menjadi semakin parah. Anda juga bisa menggunakan lip balm untuk membantu melembabkan bibir anda yang kering, aplikasikan setiap 4jam sekali supaya bibir anda terjaga kelembabannya.

Mengkonsumsi sayuran hijau dan biji-bijian

Kandungan berbagai vitamin pada sayuran terutama Vitamin A dalam wortel akan membantu proses penyembuhan kulit yang rusak akibat bibir kering dan pecah-pecah. Dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah akan membantu tubuh anda dalam peremajaan sel kulit.

Itulah beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi bibir anda yang kering serta pecah-pecah. Bibir yang sehat, lembut dan merona adalah impian bagi setiap orang. Namun apabila segala cara telah anda lakukan dan bibir tidak kunjung sembuh, ada baiknya anda segera konsultasi ke dokter agar keluhan pada bibir bisa segera diatasi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.