Anak adalah permata hati yang dititipkan Tuhan untuk kita. Olehnya itu sepatutnya sebagai orang tua, wajib untuk menjaganya. Setiap anak mempunyai perilaku dan tingkah yang berbeda-beda.

Seringkali seorang anak setiap marah atau keinginannya tidak dituruti, selalu memukul kepala atau wajahnya sendiri. Tentu itu berdampak tidak baik untuk perkembangan anak. Karena jika semakin sering dituruti kemauannya setelah dia memukul kepala atau wajahnya, maka si anak akan menggunakan cara tersebut untuk mencapai keinginannya. Kelak ini akan selalu diulangnya untuk mendapatkan keinginannya. Bila anak tersebut masih ngambek atau marah maka yang perlu dilakukan adalah membiarkannya.

Lalu bagaimana cara meredakan amarah anak? Berikut ini berbagisolusi.com akan membagikan tips bagaimana mengatasi amarah anak. Simak yah!

anak pemarah

CARA MEREDAMKAN AMARAH ANAK

Mempelajari hal yang menyebabkan anak marah. Ketahui dengan pasti hal apa yang dapat memicu kemarahannya, seperti lapar, bosan, suasana lingkungan yang tidak mendukung atau lainya. Dengan mengetahui penyebabnya, maka orang tua dapat mencegah kemarahan anak.

Memberikan contoh sikap yang tenang dalam menangani masalah. Anak mempelajari sesuatu dari apa yang dilihat dan didengarnya. Karena itu penting untuk mencontohkan sikap tenangdi depannya. Jika lingkungan sekitarnya suka marah-marH, maka anak akan menganggap bahwa perilakunya itu merupakan hal yang wajar.

Ketahui siapa yang sedang marah. Bila orang tua adalah orang-orang yang mudah emosi, akan sangat mudah bagi anak untuk memancing kemarahan dan berakhir dengan lomba saling teriak, tanpa menghasilkan suatu penyelesaian. Karena itu perlu diketahui siapa yang marah agar kondisi tetap terkendali.

Usahakan untuk tetap tenang meskipun berada di tempat umum. Sebaiknya orang tua tidak menunjukkan kemarahannya pada anak di depan banyak orang, karena anak akan semakin menunjukkan rasa marahnya. Jadi, cobalah untuk menggendong dan membawanya ke tempat yang lebih sepi dan berikan nasihat kepadanya.

Memeluk dan merangkulnya erat seperti pelukan gaya beruang. Sebagian besar anak yang kehilangan kontrol akan menjadi lebih tenang saat dipeluk. Pelukan ini tidak akan terlalu mengekangnya, namun tetap memberinya keamanan dan kenyamanan yang dibutuhkan saat anak sedang marah.

Menahan diri adalah terapi yang paling baik. Tunggulah sanmpai ia merasa tenang dulu sebelum kemudian memulai konseling untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya. Jika dia masih marah, kemungkinan Anda akan terpancing ikut marah. Bila Anda dan dia sama-sama marah, siapa yang akan menenangkannya?

Itulah beberapa tips untuk meredam amarah anak. Semoga artikelnya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website