SHARE

Setiap manusia memiliki morfologi dan struktur kulit yang terdiri dari dua lapisan penting, yakni dermin dan epitel. Namun, tingkat ketebalan lapisan berbeda-beda pada setiap individu, ada yang mempunyai kulit tebal dan juga tipis. Kulit tipis ini menjadi masalah bagi beberapa orang, terlebih untuk wanita.

Cara mengatasi kulit wajah tipis dapat dilakukan dengan bahan alami sehingga merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Melalui artikel ini, BerbagiSolusi.com akan berbagi beberapa cara tepat mengatasi dan mengobati kulit wajah yang mengalami penipisan. Selamat membaca!

Cara Efektif Mengobati Kulit Wajah Tipis.

Pada umumnya kulit tipis lebih sensitif dibanding tipe kulit pada umumnya. Kulit tipis sensitif dengan paparan sinar matahari secara langsung, suhu, ataupun bahan kimia. Apabila kulit tipis sedang mengalami sensitif, biasanya kulit akan berwarna kemerah-merahan, rasa gatal, dan rasa perih.

Hal ini membuat wanita yang berkulit tipis harus berhati-hati dalam pemilihan kosmetik, terlebih dengan kandungan bahan kimia. Kulit tipis tidak dianjurkan untuk menggunakan kosmetik berbahan kimia keras karena dapat merusak lapisan pada kulit wajahnya.

Kulit tipis tidak hanya didapatkan sejak lahir, namun ada beberapa wanita yang mempunyai kulit tebal tapi telah mengalami penipisan pada kulit. Hal ini dikarenakan oleh penggunaan obat OTC, suplemen, ataupun penggunaan secara langsung dengan bahan kimia melalui kosmetik yang digunakan.

Merkuri merupakan salah satu bahan kimia yang digunakan dalam kossmetik. Biasanya, kandungan merkuri ditemukan pada kosmetik pemutih kulit, baik dalam bentuk krim atau bedak, serta lotion. Sehingga cara mengatasi kulit wajah tipis ialah dengan menghindari kosmetik bermerkuri.

Pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri dengan jangka panjang dapat membuat kulit semakin tipis. Selain itu, merkuri dapat menyebabkan beberapa penyakit lain yang berkaitan dengan hati, sistem otak, sistem saraf, jantung, kanker, depresi, ginjal, kelenjar endokrin, libido, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kulit wajah tipis inilah cara mengatasinya:

Mengatur Pola Diet Tepat untuk Kulit Tipis.

Cara diet ini berkaitan dengan nutrisi makanan yang harus terpenuhi untuk meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru dan untuk meremajakan kulit. Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E merupakan beberapa nutrsi yang penting dalam pembentukan kulit baru sebagai cara menyembuhkan kulit wajah yang menipis.

Menjaga Kelembaban Kulit Setiap Hari.

Salah satu cara mengatasi kulit wajah tipis adalah dengan menjaga kelembaban pada kulit. Menjaga kelembaban kulit ternyata tidak hanya untuk kecantikan, tapi juga untuk kesehatan. Kulit akan semakin menipis karena kekurangan mineral atau air. Oleh karena itu, kelembaban kulit dibutuhkan untuk agar kulit tetap sehat dan tidak menipis. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meminum air putih minimal 2 liter per hari.

Hindari Paparan Sinar Matahari.

Salah satu penyebab menipisnya kulit adalah pemakaian kosmetika bermekuri. Untuk perawatan kulit hindari paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini dapat dilakukan dengan penggunaan SPF sesuai kebutuhan kulit. Penggunaan sunblock ini pun harus tetap berhati-hati, karena terdapat beberapa jenis sunblock yang mengandung bahan kimia tertentu yang justru dapat membuat kulit iritasi. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kecantikan.

Cara lain yang lebih aman dilakukan untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari, yakni pemakaian pakaian berlengan panjang dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Selain itu, Anda bisa mengenakan topi atau payung ketika keluar dari rumah untuk mengatasi permasalahan kulit wajah tipis.

Perawatan kulit tipis dengan bahan herbal alami.

Kulit tipis sangat sensitif dengan suhu disekitar sehingga membuat kulit dapat berubah warna, terutama merah ketika suhu tertentu. Untuk cara mengatasi kulit wajah tipis tersebut maka gunakanlah air pada semangka dan oleskan pada kulit yang berubah warna. Selain itu, Anda dapat menggunakan toning pada wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat merangsang pertumbuhan kulit baru serta dapat mengatasi pertumbuhan jerawat karena kotoran yang menempel pada kulit.

Perawatan Kulit Tipis dengan Jeruk Nipis.

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk toning adalah jeruk. Caranya cukup mudah yakni dengan memeras air jeruk pada suatu wadah. Namun, sifat asam pada air jeruk ini dapat berpengaruh bagi kulit yang tipis. Untuk menghindari iritasi pada kulit, maka tambahkan sedikit air, serta madu atau minyak zaitun.

Ulangi penggunaan ramuan ini 2 kali dalam seminggu.

Perawatan Kulit Tipis dengan Yogurt.

Ramuan lain yang dapat dibuat adalah dengan meenggunakan yogurt. Campurkan 2 sdm yogurt dan 1 sdt madu kemudian aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut ke kulit dan tunggu hingga 7-15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air bersih.

Pilihlah yogurt plain sebagai bahan utama. Sebagai alternatif, bahan lainnya yang dapat digunakan adalah susu.

Demikian cara mengatasi kulit wajah tipis. Bagi yang mengalami penipisan kulit akibat kosmetik, baca tulisan sebelumnya: Cara Mengobati Kulit Rusak Akibat Kosmetik. Selamat membaca.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here