Seringkali saat harus pergi berbelanja, anak pun ikut serta. Supaya acara berbelanja bahan-bahan makanan bersama anak bisa berlangsung menyenangkan dan bebas stress, maka diperlukan beberapa cara agar kegiatan berbelanja tersebut berlangsung nyaman. Umumnya anak kecil senang bila diajak jalan-jalan bersama orangtuanya. Namun ada kalanya mereka merasa bosan bahkan rewel jika permintaannya tidak dituruti. Pada artikel kali berbagisolusi.com akan berbagi tips agar bisa berbelanja dengan nyaman bersama anak. Simak yah!

Tips Nyaman Berbelanja Bersama Anak

belanja bersama anak

  • Sehari sebelumnya, buatlah daftar bahan-bahan makanan yang akan Anda berdua beli, tujuannya untuk mempersingkat waktu.
  • Libatkan anak untuk memeriksa lemari es atau lemari dapur, untuk melihat bahan-bahan makanan yang sudah habis dan harus dibeli.
  • Lakukan aktifitas berbelanja di pagi hari ketika kondisi anak masih segar dan tempat berbelanja pun relatif masih sepi.
  • Jangan berbelanja dengan anak dalam waktu yang sempit sehingga┬á Anda dan anak harus terburu-buru. jadi, pastikan bahwa Anda mempunyai waktu yang cukup.
  • Batasi pergi berbelanja hanya dengan satu atau dua anak saja. Misalnya, kalau anak yang besar sedang bersekolah, Anda bisa pergi dengan anak Anda yang kecil. Atau kalau Anda ingin berbelanja dengan anak Anda yang besar, pastikan ada orang yang menjaga anak Anda yang kecil.
  • Katakan pada anak bahwa dia adalah penolong berbelanja yang istimewa untuk Anda. Beri dia tugas-tugas khusus yang pasti bisa dilakukannya. Misalnya, meminta pelayan untuk menimbang tomat dan wortel yang Anda beli.
  • Minta si kecil untuk mencarikan 3-4 jenis barang selama Anda menelusuri rak-rak barang di swalayan.
  • Ajarkan kepada anak untuk memilih sayuran atau buah-buahan yang berkualitas baik. Misalnya, minta dia megambil pisang yang warna kulitnya masih kuning bersih, tidak yang kulitnya sudah berwarna kehitaman.
  • Luangkan waktu untuk menerangkan kepada anak mengapa Anda tidak membeli permen atau chips atau makanan-makanan manis lain yang sangat diinginkannya. Terangkan bagaimana makanan-makanan yang terlalu manis bisa membuatnya sakit gigi.
  • Ketika tiba di rumah, libatkan anak untuk menyimpan hasil belanjaan Anda berdua itu dengan cara yang tepat dan di tempat yang benar.

Dengan tips di atas maka kegiatan belanja akan menjadi nyaman dan menyenangkan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website