SHARE

Untuk mendapatkan tampilan yang memesona bukanlah hal yang tidak mungkin. Apalagi jika didukung dengan kulit wajah yang sehat dan bersinar. Jika sudah begitu, di mana pun Anda berada, akan selalu menjadi pusat perhatian. Tentunya kita harus selalu mensyukuri apa yang kita miliki. Tetapi suatu hal yang wajar jika merasa ada beberapa hal yang kurang memuaskan dari wajah kita. Jangan sampai kekurangan yang ada pada wajah kita menjadi pemicu kurangnya rasa percaya diri.

Semua itu bisa diakali dengan teknik merias agar kekurangan yang kita miliki bisa tertutupi dengan sempurna. Salah satu cara menutupi bagian wajah yang kurang ideal adalah dengan menonjolkan area wajah yang dibanggakan. Cara paling tepat untuk itu adalah dengan menerapkan teknik make up shading dan contouring. Adalah teknik yang akan membantu Anda membentuk, mengoreksi dan menonjolkan wajah Anda. Bagaimana caranya? Dalam artikel kali ini, berbagisolusi.com akan berbagi tips teknik make up shading dan contouring. Simak yah!

TIPS MAKE UP TEKNIK SHADING DAN CONTOURING

Apapun teknik make up yang Anda pilih, sudah pasti membutuhkan latihan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Terutama untuk shading dan contouring. sebelum mencobanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

shading dan contouring berbagai bentuk wajah

TENTUKAN BENTUK WAJAH.

Dengan mengetahui bentuk wajah Anda, akan lebih mmeudahkan untuk melakukan teknik make up dan mendapatkan dandanan yang Anda inginkan. Jika bingung mengetahui bentuk wajah, ada caranya yang paling mudah. Tarik semua rambut Anda lalu ikat di belakang dan pastikan tidak ada rambut sama sekali pada wajah. Ambil lipstik bekas lalu berdiri tegak di depan cermin. Dengan lipstik, gambar pinggiran wajah Anda yang terpantul pada cermin. Gambar yang tersisa pada cermin adalah bentuk wajah Anda. Jika hal ini terlalu sulit untuk dilakukan sendiri, mintalah teman atau keluarga untuk membantu.

KENALI LETAK TULANG PIPI ANDA.

Setelah mengetahui bentuk wajah Anda, coba tekan-tekan wajah. Tentunya Anda langsung bisa merasakan tulang pipi Anda. Nah bagian inilah yang sudah pasti Anda ingin tonjolkan. Dan coba tekan lagi, apabila terasa bagian kosong di bawah tulang pipi. Pasti akan terasa. Dengan mengetahui kedua letak ini, pembentukan wajah akan lebih mudah karena hampir semua teknik shading dan contouring untuk bentuk setiap bentuk wajah, dilakukan pada daerah kosong yang terletak di bawah tulang. Jadi jika ingin menambahkan shimmer, selalu oleskan tepat pada tulang pipi untuk menonjolkan area wajah yang secara alami.

make up wajah bulat

LUANGKAN WAKTU.

Saat mencoba sebuah teknik baru, lakukan di waktu senggang. Jangan mencoba di saat akan berangkat ke pesta atau saat Anda sedang lelah karena Anda pasti akan frustasi bila tidak berhasil. Tujuan make up untuk membuat Anda senang bukan sebal. Jangan lupa untuk mendokumentasikan langkah-langkah yang Anda ambil supaya disaat Anda harus mengulang teknik tersebut, Anda punya contekan. Dan jangan lupa mendokumentasikan diri Anda, sebelum dan sesudah berias agar dapat melihat perbedaannya.

BERIKAN WAKTU PADA MAKE UP.

Berikan waktu untuk produk make up Anda menyerap pada kulit. Misalnya, saat mengoleskan pelembap, tunggulah beberapa saat sebelum menggunakan primer. Karena bila setelah menggunakan pelembap, Anda langsung menggunakan primer, pelembap tak mendapatkan waktu yang cukup untuk menyerap pada kulit sehingga wajah masih terlalu berminyak dan lembap yang membuat produk kecantikan berikut tidak menempel. Dan membuat riasan Anda tidak bertahan lama. Harus selalu diingat, setiap produk membutuhkan sedikit waktu untuk lebih menyerap pada kulit.

USAPKAN PRODUK KOSMETIKA PADA TELAPAK TANGAN..

Mengapa demikian? Apa pun yang bersifat hangat, akan lebih mudah diterima oleh kulit, begitu pun juga untuk kulit wajah Anda. Bila wajah kedinginan, pori-pori akan menutup sehingga make up sulit diterima oleh kulit wajah. Demikian juga produk kecantikan, terutama pelembap, primer dan foundation. Sebelum mengaplikasikan deretan produk tersebut, teteskan produk secukupnya pada telapak tangan lalu berikan gosokan ringan barulah setelah itu sapukan pada wajah. Dengan memberikan sedikit kehangatan bagi produk maka Anda bisa menikmati hasil yang lebih memuaskan.

CEK HASIL RIASAN.

Lihat kondisi tempat anda berias. Paling bagus berias di bawah penerangan yang cukup terang supaya Anda bisa melihat dengan jelas hasil riasan. Namun penerangan paling bagus untuk memeriksa hasil riasan adalah sinar matahari. Bila memungkinkan dan pastinya sebelum Anda beraktifitas, coba periksa hasil riasan terlalu menor atau terlampau tipis. Harus selalu diingat, wajah bukan dua dimensi namun tiga dimensi. Jadi jangan lupa untuk memeriksa bagian wajah kiri dan kanan serta daerah rahang dan sekelilingnya. Makanya aplikasikan make up tipis-tipis saja terlebih dahulu, jangan langsung tebal. Karena akan lebih mudah menambahkan riasan daripada mengurangi. Namun, bila sudah terlalu, coba kurangi dengan mengaplikasikan bedak daripada Anda anda menghapus dengan susu pembersih dan harus mengulang dari awal.

Satu hal yang selalu diingat, tata rias bukanlah permainan sulap. Jadi, Anda jangan mengharapkan hasil yang langsung sempurna saat pertama kali mencoba teknik ini. Harus terus berlatih. Nah itulah beberapa tips dalam melakukan teknik make up shading dan contouring. Semoga bermanfaat yah.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here