Sebuah fase alamiah bagi seorang wanita ketika mengalami masa menstruasi. Rasa nyeri dan lemas akibat kekurangan darah selalu menjadi keluhan tak terhindari meski sudah terbiasa dengan problematika tersebut, wanita tetap membutuhkan penanggulangan terbaik. Menstruasi menjadi sebuah pertanda kedewasaan wanita yang selalu terjadi setiap bulannya dan biasanya berlangsung selama 3 sampai 7 hari.

Pada saat menstruasi terdapat siklus. Lamanya siklus menstruasi normal atau klasik adalah 28 hari ditambah atau dikurangi dua sampai tiga hari. Kebanyakan siklus menstruasi wanita 80 % terjadi selama 22-30 hari dan 10-15 % wanita mengalami siklus menstruasi selama 28 hari.

sehat saat menstruasi

Tidak dapat dipungkiri pula bahwa menghadapi menstruasi mengakibatkan gangguan yang bermacam-macam baik sebelum dan saat mengalami menstruasi. Gangguan-gangguan tsb disebabkan karena adanya kontraksi otot-otot halus rahim, yang dikendalikan oleh interaksi hormon yang dikeluarkan oleh hipotalamus yaitu kelenjar di bawah otak depan dan ovarium.

Keluhan yang sering dialami para wanita saat menstuasi biasanya adalah perasaan sensitif, keram perut bawah dan vagina, sakit pinggang, gelisah bahkan kekurangan darah atau anemia. Kekurangan darah ini dapat terjadi apabila darah menstruasi banyak keluar ditambah asupan zat besi yang semakin berkurang. Karenanya tubuh terasa lemas dan daya tahan tubuh menurun sehingga produktivitas wanita terhambat.

BerbagiSolusi.Com akan membagikan informasi tentang tips tetap bugar saat menstruasi. Ini dia!

TIPS TETAP BUGAR SAAT MENSTRUASI

  • Semua itu dapat diatasi dengan melakukan pola hidup sehat.
  • Banyak minum air putih
  • Komsumsi makanan berserat
  • Menghindari merokok
  • Tidak makan pedas atau berbau amis
  • Tidak melakukan olahraga berat
  • Meminum obat penambah darah

Nah itu dia tips-tips tetap bugar saat menstruasi. Lupakan segala keluhan menstuasi, jalani hari-hari anda dengan sehat dan bugar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website