Bila musim hujan tiba, maka berbagai macam masalah akan kita hadapi. Mulai dari susahnya mengeringkan cucian, penyakit rentan menghinggapi. Kesehatan tubuh biasanya juga akan menurun. Belum lagi waspada banjir yang setiap saat akan datang tanpa diundang. Udara yang tak menentu sehingga penyakit akan mudah datang. Musim hujan membuat tubuh rentan terserang flu. Tidak hanya tanaman dan tanah yang makin subur, penyakit pun ikut-ikutan tumbuh subur. Olehnya itu harus selalu menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit sepanjang hari. Jangan khawatir, dalam artikel ini berbagisolusi.com akan berbagi infonya agar tetap sehat saat musim hujan tiba. Simak yah !

Tips Tetap Sehat Saat Musim Hujan

musim hujan

Biasakan Keramas Bila Terkena Hujan

Saat akan keluar rumah sediakan payung dan memakai jaket agar badan tetap hangat meski cuaca sedang tidak menentu. Jika mengendarai motor, jangan lupa untuk selalu membawa jas hujan. Tetapi bila tetap terkena hujan, segera mandi dan keramas karena air hujan tidak selalu bersih  yang dapat mengandung partikel-partikel polusi sehingga dapat menimbulkan penyakit.

Jaga Asupan Makanan Anda

Tetap jaga asupan makanan bergizi selama musim hujan. Ada baiknya Anda sering mengonsumsi makanan berkuah hangat, misalnya saja sup kuah atau soto ayam . Selain bergizi, makanan tersebut akan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Perbanyak Minum Air Putih

Meskipun musim hujan, udara lebih dingin,tetapi harus selalu rajin mengkomsumsi air putih.  Karna jika malas mengkomsumsi air putih akan membuat Anda mudah mengalami dehidrasi. Padahal, tubuh yang memiliki pasokan air cukup akan menambah daya tahan tubuh. Jadi, pastikan Anda tetap mengonsumsi cairan setidaknya 2 liter  atau 8 gelas setiap harinya.

Jangan Lupa Cuci Tangan dan Sikat Gigi

Biasakan mencuci tangan jika Anda baru sampai ke rumah, sebelum makan dan sesudah memakai toilet. Hal ini harus tetap dilakukan saat musim hujan. Jangan lupakan kebiasaan cuci tangan setelah sampai rumah agar tidak membawa virus dan bakteri penyebab sakit. Jangan lupa juga untuk sikat gigi sebelum tidur.

Konsumsi Vitamin dan Suplemen untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Sudah sangat banyak beredar vitamin dan suplemen yang dapat Anda konsumsi. Selain vitamin yang berjenis obat – obatan ada baiknya Anda mengkonsumsi buah–buahan secara rutin.Virus yang menjangkit  tidak dapat anda lawan kecuali Anda memiliki antibodi atau daya tahan tubuh yang kuat, dan untuk memperkuat daya tahan tubuh dibutuhkan asupan makanan yang berkualitas, serta memiliki vitamin serta mineral yang mendukung, namun jangan lupa minum air putih yang banyak karena,air putih  sangat membantu melarutkan vitamin pada tubuh.

Olahraga secara Rutin dan Teratur

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita, selain membantu melawan radikal bebas, olahraga pun sangat membantu memperkuat daya tahan tubuh. Olahraga rutin 2 x dalam seminggu terbukti sangat membantu kesehatan. Cukup melakukan lari atau senam dengan durasi selama 40 menit dengan konsisten akan membuat tubuh  lebih sehat serta awet muda tentunya.

Pastikan Tidur Anda Cukup

Durasi tidur yang ideal adalah 8 jam perhari, sebisa mungkin tidur tepat waktu dan hindari begadang. Tidur akan mengembalikan kondisi tubuh dan memulihkan stamina. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat di malam hari.

Nah itulah beberapa tips tetap sehat saat musim hujan. Semoga artikelnya bermanfaat dan tetap jaga kondisi tubuh meski musim hujan yah. Selamat melanjutkan aktivitas kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website