Bagi para ibu hamil, cara melangsingkan perut setelah melahirkan mungkin adalah salah satu hal yang akan selalu mereka pikirkan. Bukan hanya tubuh yang menjadi terasa berat, tapi perut yang membesar juga biasanya membuat rasa percaya diri seseorang berkurang. Karena hal tersebut, banyak perempuan yang baru selesai melahirkan langsung melakukan olahraga berat maupun obat-obatan penurun berat badan. Tak sedikit juga yang melakukan diet secara ekstrim, tapi apakah hal tersebut berhasil? Belum tentu, karena cara yang mereka gunakan tidak sepenuhnya tepat, dan alih-alih turun, berat badan mereka malah bisa naik karena pola hidup yang berubah drastis ini.

Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan.

Sebelum memulai proses pelangsingan perut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar usaha melangsingkan perut bisa memberikan hasil maksimal, yaitu:

  1. Faktor berat badan.
    Yang perlu diperhatikan pertama kali adalah berat badan sebelum terjadinya kehamilan, karena bagi mereka yang beratnya normal dan hanya naik sekitar 11 hingga 15 kilogram, hanya membutuhkan waktu beberapa bulan. Di lain pihak, mereka yang sudah memiliki berat badan berlebih membutuhkan waktu lebih lama bahkan hingga satu tahun penuh untuk menghilangkannya. Meski begitu, proses pelangsingan ini harus dilakukan, karena menurut Debra Krummel yang seorang profesor di University of Cincinnati, jika kelebihan berat itu tidak segera diatasi malah akan menimbulkan obesitas pada 15 hingga 20 tahun yang akan datang.
  2. Faktor kesabaran.
    Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah kesabaran. Anda mungkin melihat beberapa artis yang ada mampu mengurangi lingkar tubuh mereka secara instan dalam waktu singkat, namun siapa yang tahu jika hal tersebut malah merusak tubuh mereka dalam jangka panjang? Mayoritas orang-orang tadi biasanya menggunakan diet yang ekstrim dan segera melakukan aktivitas berat meskipun badan mereka belum siap.

Baca pula: Penyebab Telat Haid Selain Kehamilan.

Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan Dengan Baik dan Benar.

Setelah memahami dua hal di atas, berikut adalah cara-cara pelangsingannya:

menurunkan berat badan setelah melahirkan

Jangan lakukan diet.

Tidak seperti yang banyak orang percaya, ternyata berdiet setelah melahirkan hanya akan membuat stres yang telah ditimbulkan oleh munculnya orang baru di rumah menjadi semakin tinggi, dan stres akan membuat seseorang menjadi jauh lebih lapar.

Memiliki anak bukanlah alasan bagi seseorang untuk berhenti berolahraga, tapi meski begitu harus diperhatikan batas-batasan karena tubuh belum sepenuhnya kembali pada kondisi semula. Sekurang-kurangnya, seseorang harus melakukan jalan sore atau pagi selama beberapa menit.

Ada kesimpangsiuran penelitian tentang menyusui mampu menurunkan berat badan. Yang pasti, menyusui akan menjadi sangat baik bagi anak yang baru lahir, karena ASI mampu meningkatkan imunitas dan memberi banyak keuntungan pada bayi.

Perbanyak tidur.

Ketika proses melahirkan sudah selesai dan ada penghuni baru di rumah, akan sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, dan kekurangan tidur ini bisa menghambat proses penurunan berat badan seseorang. Ketika badan kelelahan, ia akan mengeluarkan hormon stres yang bisa mempermudah terjadinya peningkatan berat badan.

Minta bantuan ahli.

Jika proses penurunan berat badan gagal dilakukan, ada baiknya mendatangi ahli nutrisi atau dokter. Biasanya dokter akan membantu untuk menyusun jadwal makanan yang bisa diikuti demi membantu penurunan berat badan. Selain itu, dokter akan dengan senang hati memberi target berat badan yang harus diturunkan. Hal tersebut akan membuat seseorang menjadi lebih termotivasi untuk menurunkan berat badannya.

Perbanyak minum air putih dan jus buah.

Salah satu cara untuk menurunkan nafsu makan adalah dengan memperbanyak minum. Selain bisa mencegah dehidrasi, ada penelitian yang mengatakan bahwa meminum banyak air bisa mempercepat metabolisme tubuh. Selain air putih, konsumsi pula aneka jus buah segar yang mengandung serat dan vitamin. Serat dapat melancarkan pencernaan, sekaligus mengikat lemak agar bisa keluar bersama kotoran, sementara vitamin membantu menjaga daya tahan tubuh, serta meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Dengan begini, tidak akan ada lagi kegagalan pelangsingan yang malah berujung pada naiknya berat badan karena sudah berhasil mengikuti tips-tips tentang cara melangsingkan perut setelah melahirkan. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website