SHARE

Kehamilan pada wanita bukan menjadi penghalang untuk tetap menjalankan kesukaan akan travelling. Karena liburan adalah dambaan banyak orang. Belakangan ini liburan atau travelling sudah menjadi gaya hidup. Liburan sudah dijadikan salah satu kebutuhan yang senantiasa dipenuhi. Wanita hamil sekalipun membutuhkan liburan untuk melepaskan kejenuhan dan cape meskipun dalam masa kehamilan. Nah pertanyaannya di sini adalah “amankah seorang wanita hamil melakukan perjalanan jauh?”

Dalam artikel kali ini akan diulas tentang bagaimana seorang wanita hamil tetap dapat melakukan travelling. Namun bagi wanita hamil, untuk bisa melakukan travelling diperlukan pengamanan ekstra. Mengingat yang ia jaga bukanlah hanya dirinya sendiri, melainkan juga bayi yang ada dalam kandungannya.

Tips Travelling untuk Wanita Hamil.

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa dilakukan:

Konsultasi dengan Dokter.

Sebelum berangkat untuk melakukan  perjalanan, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi kehamilan anda pada dokter untuk mencegah gangguan pada kehamilan selama perjalanan. Lalu, jika berencana menggunakan transportasi pesawat terbang, laporkan pada maskapai bersangkutan tentang kehamilan anda pada saat memesan tiket. Lakukan perjalanan pada usia kandungan trimester kedua. Pada usia ini, kandungan sudah cukup kuat tapi belum terlalu besar dan memberatkan wanita hamil.

travelling saat hamil

Gunakan Pakaian yang Nyaman.

Gunakan pakaian yang nyaman saat melakukan perjalanan. Jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat karena bisa mengganggu perut anda. Begitu pun dengan alas kaki. Pilih saja alas kaki yang lembut dengan lapisan busa agar membuat anda nyaman saat berjalan.

Bawalah Catatan Medis.

Bawa catatan medis anda dan daftar lokasi rumah sakit lokal yang ada di area tujuan liburan.

Jangan duduk terlalu lama.

Wanita hamil disarankan untuk tidak duduk terlalu lama. Jika bepergian dengan mobil, usahakan untuk berhenti setiap 2-3 jam sekali untuk memberi anda kesempatan untuk berjalan-jalan sejenak.

Pilih destinasi yang dekat-dekat saja.

Kalau sedang hamil, usahakan jangan traveling ke tempat-tempat jauh. Bolehlah ke luar negeri, tapi usahakan jam terbang tak terlalu lama. Singapura atau Malaysia bisa jadi pilihan bagi orang Indonesia. Atau lebih baik pilihlah destinasi domestik. Tak mesti naik pesawat, anda bisa melakukan perjalanan naik mobil ke kota terdekat dan menikmati suasana baru.

Minum air putih yang banyak.

Wanita hamil harus minum banyak air putih, untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan tidak dehidrasi.  Wanita hamil harus minum air putih setidaknya 12 gelas setiap hari.

Istirahat cukup.

Jika sudah tiba di destinasi liburan,  pastikan anda istirahat yang cukup. Pilih tujuan wisata yang masih cukup nyaman untuk ibu hamil.

Nah sekarang sudah tidak khawatir lagi bukan jika wanita hamil akan melakukan travelling. Nikmati perjalanan anda agar bayi yang ada dalam kandungan juga ikut senang. Have a nice travelling…:)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here