Akhir-akhir ini, dunia kesehatan dihebohkan dengan adanya penemuan beberapa virus-virus yang menyerang manusia. Korban akibat virus ini  mencapai ribuan bahkan ratusan korban jiwa. Karena itu,virus-virus ini harus membutuhkan penanganan yang serius. Penyebaran virus-virus ini diantaranya melaui unggas, nyamuk dan lain-lain. virus-virus ini menginfeksi manusia dan menimbulkan  gejala-gejala yang berbeda. Beberapa diantara virus yang terkenal dan menghebokan dunia kesehatan diantaranya adalah virus Zika, SARS dan flu burung. Mau tahu penjelasan terperinci tentang virus-virus tersebut. Simak informasinya secara lengkap ya.

Virus zika

Virus zika adalah virus yang disebarkan melalui nyamuk jenis aedes. Awal ditemukannya virus ini  yaitu pada tahun 1947 pada monyet rhesus yang berada di hutan zika. Selanjutnya pada tahun 1948 virus ini ditemukan lagi pada nyamuk berspesies aedis africanus ditempat yang sama yaitu hutan zica. Kemudian, pada tahun 1954 virus ini menyerang manusia dari daratan Nigeria melalui gigitan nyamuk yang berspesies aedes tersebut. Selanjunya menyebar ke tempat lain di seluruh benua. Virus ini sempat menghebohkan dunia kesehatan karena virus ini diketahui menyerang sistem saraf orang dewasa dan menimbulkan peradangan pada akar syaraf tulang belakang. Dan yang lebih parah lagi virus ini dapat mengakibatkan keguguran pada wanita hamil, dan mengakibatkan penyakit serius pada bayi yang dapat bertahan hidup. Bahkan pada tahun 2015 tercatat 500.000 orang brazil terjangkit virus ini. Gejala-gejala yang terlihat apabila terinfeksi virus ini adalah demam, mata merah (konjungtivitas) , nyeri dibagian persendian dan juga ruam dibagian kulit sehingga penderita tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari.

Virus SARS

SARS merupakan singkatan dari Severe acute respiratory syndrome  atau kadang-kala severe Asian respiratory syndrome). Virus SARS adalah sejenis virus yang mengakibatkan penyakit pernapasan akut sehingga terjadi peradangan paru-paru. Virus ini bersifat menular dan penyebarannya melalui butiran-butiran halus cairan batuk-pilek dari korban atau penderita. Virus SARS ini juga sempat menghebohkan dunia kesehatan karena tercatat korban yang diakibatkan oleh virus ini mencapai 800 jiwa. Karena itu, dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat pada virus ini agar tidak mengakibatkan banyak korban. Gejala-gejala yang diakibatkan oleh virus ini adalah sakit kepala, batuk, sesak napas seperti asma, demam dengan suhu badan tinggi yaitu lebih dari 38 derajad Celcius, nyeri otot dan persendian, bersin serta sakit di dada terutama saat bernapas. Karena itu, diperlukan perhatian khusus untuk mengurangi korban yang diakibatkan oleh virus ini.

Virus Flu burung

Virus flu burung juga merupakan virus yang sempat menghebohkan dunia kesehatan. Virus ini disebabkan oleh virus influenza tipe A dan cara penularannya melalui air liur dan feses unggas. Virus flu burung ini dapat membunuh sistem imunitas tubuh atau sistem kekebalan tubuh bagi penderita. Sehingga, flu burung ini menimbulkan banyak korban. Tercatat dari 10 orang penderita flu burung, 8 orang meninggal dan 2 orang mengalami kritis. Gejala-gejala yang diakibatkan oleh flu burung ini adalah demam, batuk,nyeri tenggorokan, pneumonia, infeksi mata dan radang saluran pernapasan atas. Serta, apabila tidak ditangani serius akan menimbulkan kematian.

Nah, itulah beberapa virus yang menghebohkan dunia kesehatan. Semoga dengan informasi di atas pembaca dapat mengetahui sejarah virus-virus tersebut dan gejala-gejala yang ditimbulkan . sehingga, pembaca dapat mengantisipasi secara langsung apabila virus tersebut menyerang anda atau keluarga anda. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website